Pusat Studi Budaya Undang Budayawan Bahas Pangngadereng dalam Masyarakat Bugis

Pusat Studi Budaya Undang Budayawan Bahas Pangngadereng dalam Masyarakat Bugis

IAIN Parepare — Pusat Studi Budaya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan kegiatan Pangngadereng dalam Masyarakat Bugis dengan tema Hakikat dan Implementasinya dalam Masyarakat Bugis, Kamis (17/12/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dengan mengundang narasumber seorang budayawan/Opu Macoa Cenrana, Andi Oddang Opu to Sessungriu. Dimoderatori oleh Dr Musyarif yang juga sebagai Kepala Pusat Studi Budaya LPM IAIN Parepare. Kegiatan ini merupakan sesi pertama dan nantinya akan ada sesi selanjutnya.

“Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mengarungi adat istiadat Bugis, InsyaAllah ke depannya akan lebih intens kita adakan,” ungkap Musyarif.

Ketua LPM IAIN Parepare, Dr Herdah mengapresiasi terobosan langkah yang dilakukan oleh Kepala Pusat Studi Budaya Nusantara terlebih lagi kegiatan dilaksanakan dengan ontime. Dr Herdah juga mengungkapkan eksistensi pusat studi budaya di LPM IAIN Parepare itu diawali dengan visi IAIN Parepare, yaitu Akulturasi Budaya dan Islam.

“Dalam visi itu tertuang satu misi besar yakni akan menjadikan IAIN Parepare sebagai pusat studi budaya nusantara sehingga ketika ada perguruan tinggi lain akan berguru tentang budaya nusantara, maka diharapkan IAIN Parepare dapat memfasilitasi atau dapat mewujudkan keinginan kampus-kampus lain untuk berguru di IAIN Parepare,” jelasnya.

Sementara Andi Oddang mengungkapkan akan pentingnya mempelajari kebudayaan.
“Jika kebudayaan kita tidak dikuatkan mulai hari ini, kemungkinan tiga generasi ke depan maka kita sebagai orang Bugis akan menjadi salah satu bangsa yang punah di dunia,” ucapnya.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta, hal ini dapat dilihat jumlah peserta mencapai 100 orang yang terdiri dari kalangan dosen dan mahasiswa baik dari dalam kampus maupun luar kampus. (ad/hy/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *