Rancang Wisuda Virtual di IAIN Parepare, Begini Persiapan Panitia Pelaksana

Rancang Wisuda Virtual di IAIN Parepare, Begini Persiapan Panitia Pelaksana

PAREPARE — Panitia wisuda 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan rapat di Auditorium IAIN Parepare, Kamis (2/7).

Rapat digelar sebagai persiapan wisuda virtual yang akan diselenggarakan pada Juli 2020 ini. Meski belum ada tanggal pasti pelaksanaan, namun Ketua Panitia Muhammad Dahlan berharap agar persiapan segera dirampungkan.

“Penentuan hari H-nya belum bisa kita putuskan karena menunggu hasil pertemuan antara Rektor, wakil Rektor I dengan beberapa calon wisudawan termasuk dengan pengurus lembaga,” jelas Dahlan saat ditemui usai rapat.

Dalam rapat ini setiap koordinator seksi mengurai progress persiapan wisuda.

Peserta calon wisudawan dan wisudawati diperkirakan mencapai 888 orang yang berasal dari Program Strata satu (S1) dan program Stara dua (S2) IAIN Parepare.

Dahlan juga memahami kekecewaan para calon peserta wisudawan dan wisudawati karena penyelenggaraan wisuda secara daring dan luring.

“Kita pahami itu, tapi apa boleh buat kita tidak bisa menyelenggarakan wisuda seperti biasanya. Kalau kita ingin menunggu selesainya Covid-19 agaknya ini susah diperdiksi,” ucapnya.

Dahlan juga mengungkapkan, wisuda secara daring dan luring telah dilaksanakan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Pada rapat sebelumnya Senin (29/6), Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan juga mengungkapkan wisuda harus tetap dilaksanakan agar proses akademik tetap berjalan.

“Memang berat bagi mahasiswa untuk melaksanakan wisuda secara virtual karena hal ini masih baru, apalagi kegiatan wisuda ini sudah menjadi tradisi akademik. Namun, mau tidak mau harus dilaksanakan karena proses akademik akan tetap berjalan,” kata Ahmad.

Meskipun secara virtual, lanjut Ahmad, namun lokasi pelaksanaan wisuda akan tetap dihadiri oleh rektor dan anggota senat, perwakilan mahasiswa dan orang tua dari tiap prodi. Lokasinya di Auditorium IAIN Parepare. Sedangkan bagi seluruh wisudawan didampingi orang tua dari rumah masing-masing melalui virtual. “Jadi orang tua akan mewakili rektor memindahkan tali toga wisudawan,” jelas rektor saat rapat bersama dengan para ketua koordinator seksi panitia wisuda. (*)

Penulis : Hayana
Editor : Alfiansyah Anwar

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *