Rapat Akademik Fakultas Tarbiyah, Bahas Kuliah Online Hingga Sevima

IAIN PAREPARE– Menyambut kuliah perdana semester gasal tahun akademik 2020/2021, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Rapat Akademik, Jum’at (11/09/2020) secara Virtual dengan aplikasi Zoom Meeting. Rapat yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Sitti Jamilah Amin, Dekan Fakultas Tarbiyah, Wakil Dekan, Kasubag dan dosen Fakultas Tarbiyah dilaksanakan dengan tujuan membicarakan evaluasi terhadap kinerja akademik semester genap tahun akademik 2019/2020, re-sosialisasi model perkuliahan, recheck kesiapan dosen PA, dan persiapan perkuliahan semester gasal.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Saepudin memulai arahannya dengan memaparkan permasalahan umum yang dihadapi sebagian dari dosen dalam proses perkulihan semester genap di masa pandemi, yakni kekagetan teknologi.

“Sebagian dari dosen-dosen kita masih perlu memahami teknologi sehingga proses perkulihan lebih dipersiapkan dengan berbasis virtual, namun ini menjadi pemantik bagi kita semua untuk terus belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan kita patut bersyukur karena Covid-19 telah membantu akselerasi langkah menuju revolusi Industri 4.0,” ungkapnya

Dalam sambutannya, Saepudin juga melaporkan permasalahan-permasalahan dari hasil evaluasi kinerja semester genap yang telah berjalan diantaranya penggunaan aplikasi perkuliahan yang bervariasi, berita acara perkuliahan tidak terekam dengan baik, dan penginputan nilai masih ada yang terlambat.

“Hal ini dapat diatasi dengan adanya aplikasi SEVIMA dan Insya Allah dalam waktu dekat diadakan workshop pembelajaran jarak jauh,” tambahnya.

“Kita semua harus tetap bekerja, berinovasi, dan berkreasi semua kegiatan akademik termasuk perkuliahan harus berbasis akreditasi. Akreditasi prodi dan perguruan tinggi adalah tanggung jawab bersama,” imbaunya.

Saepuddin menutup arahannya dengan menitip pesan kepada dosen-dosen Fakultas Tarbiyah untuk terus ikhlas beramal, terus bekerja serius dan kerja keras. Kerja adalah ibadah, dan selalu bersyukur dengan apa yang didapatkan.

Wakil Rektor I Dr. Sitti Jamilah Amin juga memberi arahan kepada dosen Fakultas Tarbiyah.
“Mari mendiskusikan sesuatu yang bermanfaat seperti riset dan pengabdian kepada masyarakat guna pengembangan ilmu pengetahuan dan hentikan diskusi-diskusi yang tidak penting,” tutur Dr. Sitti Jamilah Amin.

Selanjutnya, Sitti Jamilah meminta kepada seluruh dosen untuk akrab berdampingan dengan SEVIMA. “Meskipun SEVIMA adalah sesuatu yang baru, tetapi seluruh dosen diharapkan harus bisa menggunakannya karena seluruh kegiatan akademik akan melewati SEVIMA dan aplikasi ini akan merekam suluruh aktivitas akademik yang telah dilakukan. Ke depan akan diadakan workshop penggunaan Sevima untuk empat fakultas yang ada di IAIN Parepare agar supaya pemanfaatan Sevima bisa berjalan secara efektif karena untuk perkuliahan akan full secara online,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *