Rapat Akademik FUAD, Bahas Daring hingga Bahasa Asing

IAIN PAREPARE– Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah menggelar Rapat Akadaemik dalam rangka menyambut semester gasal tahun ajaran 2020-2021, Selasa (15/09/2020). Rapat akademik kali ini mengusung konsep yang  mengelaborasikan antara pertemuan daring dan luring.

Dekan, para wakil dekan, para ketua program studi, dan tenaga administrasi mengikuti rapat akademik secara luring di lantai 2 Gedung H, sedangkan dosen-dosen berpartisipasi secara daring melalui ruang virtual pada aplikasi meeting online.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare, Dr.H. Abd. Halim. K., L.C., M.A, membuka rapat ini secara resmi.  Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dalam bentuk nasihat akademik. Di dalam sambutannya, Dekan mengingatkan kepada para peserta rapat untuk senantiasa mampu beradaptasi dengan kondisi yang terjadi sekarang ini.

Dekan FUAD menyampaikan bahwa setiap komponen akademik, diharapkan untuk dapat memaksimalkan secara penuh penggunaan teknologi digital yang ada dalam menjalankan tugas-tugas akademik. Hal ini disebabkan karena mengingat bahwa sampai saat ini, wabah pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, akan tetapi justru malah menujukkan grafik yang semakin meningkat, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk melaksanakan kuliah tatap muka dalam waktu dekat ini.

Di samping itu, Dekan juga mengharapkan agar di dalam proses pembelajaran, sebaiknya para mahasiswa dan dosen, memulai untuk melakukan interaksi dengan menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Arab dan Inggris.

Hal ini disebabkan karena mengingatkan ke depannya kemampuan soft skill, dalam bentuk penguasaan bahasa asing merupakan faktor penunjang dalam menghadapi kompetisi dalam dunia kerja. Selanjutnya, giliran Wakil Dekan bidang AKKK dan Wakil Dekan bidang AUPK.

Wakil Dekan Bidang AKKK, Dr. Iskandar, S. Ag., M.Sos.I, menyampaikan tentang langkah-langkah efektif yang perlu dilakukan oleh para dosen selama masa perkuliahan yang berbasis online nantinya. Beliau mengatakan bahwa ke depannya akan diadakan sebuah kegiatan berbentuk workshop  dan pelatihan kepada para dosen di FUAD IAIN Parepare terkait tentang pengoperasian aplikasi SEVIMA yang akan digunakan dalam perkuliahan daring nantinya. Tujuannya, agar untuk meminimalisir kendala-kendala teknis yang dapat menghambat jalannya proses perkuliahan.

Sedangkan, Wakil Dekan bidang AUPK, Dr. Muliyati, M. Ag, menyampaikan tentang hal-hal terkait alokasi pengunaan anggaran untuk tahun akademik 2020-2021. Ia menjelaskan tentang regulasi penggunaan anggaran yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran dan peningkatan kualitas mutu  pada setiap program studi yang berada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare.

Para dosen dan ketua-ketua program studi selanjutnya diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dalam bentuk pertanyaan, kritik dan saran terkait tentang kebijakan-kebijakan yang akan ditempuh pada semester gasal kali ini. Hal ini bertujuan agar  semua komponen akademik saling memberikan dukungan terkait tentang upaya pelaksanaan pembelajaran yang efektif, khsusnya dalam masa pandemi saat ini. Rapat akademik ini berakhir pada pukul 13.00 WITA. (Taufik/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *