Rapat Perdana Tim Akreditasi Sosiologi Agama, Target Submit Bulan Juni

Rapat Perdana Tim Akreditasi Sosiologi Agama, Target Submit Bulan Juni

IAIN PAREPARE— Tim akreditasi Prodi Sosiologi Agama mengadakan rapat perdana di ruang wakil dekan I FUAD, Senin (9/3/2020). Rapat ini dibuka Ketua Prodi Sosiologi Agama Sulvinajayanti, M.I.Kom.

Pengajuan akreditasi dapat dilakukan setelah program studi berjalan dua tahun. Izin operasional Program Studi Sosiologi Agama sejak 21 Februari 2017. Sehingga, pengajuan akreditasi dapat dilaksanakan.

“Sosiologi Agama resmi berdiri September 2017. Sekarang mahasiswa sudah semester 6. Dalam aturan, pengajuan akreditasi program studi jika izin operasional berjalan 2 tahun. Sehingga, Sosiologi Agama bisa melaksanakan akreditasi dan mulai menyusun borang Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) dengan standar  9,” ujar Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. Iskandar.

“Selamat kepada bapak ibu yang tercatat di SK tim penyusun borang. Tim penyusun borang adalah orang-orang yang tekun dan ulet, Bapak/Ibulah orang-orang itu. Semoga bisa bekerja sama dan tetap solid,” ujar Dr. Iskandar.

“Data-data dosen dan mahasiswa sudah ada, kita antisipasi ada mahasiswa yang selesai di September 2021. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan sejak awal untuk menyusun borang. Jika bulan September 2021 ada mahasiswa yang diwisuda, maka kita tidak kewalahan lagi. Kita sudah melaksanakan akreditasi. Kita menargetkan bulan Juni sudah submit,karena kita sudah bekerja mulai Maret, mari kita bekerja dengan solid,” tambahnya.

“Sesuai surat LPM masa deadline 21 Agustus 2020. Bulan Juni sudah bisa submit data kuantitatif. Sudah ada sertifikat dari mahasiswa dan nama dosen yang akan dimasukkan sebagai dosen biasa dan dosen dengan tugas tambahan ,” jelas Kapordi Sosiologi Agama Sulvinajayanti, M.I.Kom.

“Perlu ada rapat internal untuk membagi jobdesk. Mudah-mudahan ada koordinasi yang baik,” ucap Abd. Wahidin, M.Si, salah satu tim borang.

“Kendala selama ini dalam mengerjakan borang adalah mengajukan bukti fisik, sehingga dalam penyusunan borang ke depan perlu ada kerja sama dengan Prodi Jurnalistik Islam yang juga akan menyusun borang untuk menyelesaikan C1 hingga C9,” tutur Mahyuddin, MA yang juga penyusun borang Prodi Pengembangan Masyarakat Islam.

Menanggapi hal tersebut Wakil Dekan I FUAD mengatakan bahwa tim borang dapat memanfaatkan ruang akreditasi yang telah disiapkan fakultas untuk mempermudah koordinasi dan menyiapkan bukti-bukti untuk meghadapi visitasi dari asessor.

Kaprodi Sosiologi Agama menutup rapat tim penyusun akreditasi. “Terima kasih Bapak/Ibu telah meluangkan waktu untuk mengikuti rapat dan saya berharap dapat bekerja sama dengan baik dan jika waktu lowong di sela-sela mengajar silakan datang ke ruang akreditasi untuk menyusun borang,” harapnya.

Penulis: Mifda Hilmiyah

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *