Rapat via Zoom, Pascasarjana Terapkan Bekerja dari Rumah

Rapat via Zoom, Pascasarjana Terapkan Bekerja dari Rumah

IAIN Parepare— Direktur Pascasarjana Dr. Mahsyar beserta jajarannya melaksanakan rapat online via aplikasi zoom, Selasa (31/3/2020) Rapat online ini diikuti Kaprodi Pascasarjana, tenaga administrasi dan Humas IAIN Parepare.

Rapat tersebut membahas langkah taktis dalam proses penyusunan borang akreditasi. Prodi yang akan akreditasi, yaitu Ekonomi Syariah dan Komunikasi Penyiaran Islam.

“Target borang tuntas pekan depan, jadi dua belas hari pengisian borang, dan diserahkan ke tim akreditasi. Jadi ada masa satu bulan untuk evaluasi, bagi prodi tidak memasukkan borang pada bulan Juni akan ditutup, setelah itu tinggal tunggu keputusan pusat,” ujar Dr. Mahsyar.

Dalam diskusi tersebut juga dibahas statuta yang akan digunakan di dalam borang, statuta IAIN Parepare atau Stain Parepare. “Statuta STAIN Parepare dan IAIN Parepare, keduanya dapat digunakan nanti dijelaskan pada evaluasi,” saran Kaprodi KPI Dr. Ramli.

“Kegiatan pekan ini menuntaskan borang dan kita mengagendakan rapat setiap Selasa dan Jumat, membantu tim borang, poin c1 sampai 9 dapat didiskusikan ketua tim melalui group whatsApp, selebihnya kerja mandiri,” tambahnya. Dr. Ali Halidin menyarankan agar membuat tabel rapat, agar peserta rapat dapat standby.

Agenda kedua membahas penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana. Dr. Mahsyar menyampaikan agar Kaprodi (Kepala program studi) mempertahankan jumlah mahasiswa dan mendelegasikan tugas ke Kaprodi dan tenaga administrasi. Metode promosi yang digunakan, diantaranya, membuat brosur, membuat video profil pascasarjana, dan membagi informasi penerimaan Pascasarjana melalui media sosial.

“Jika SK panitia maba sudah ada, segera panitia maba mengagendakan rapat, kalau bicara fiqh menghadapi corona, kalau akreditasi masa depan mahasiswa dan kita, satu tingkat di bawah corona, ngapain kita ada kalau tidak ada mahasiswa,” jelas Dr. Mahsyar.

Penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana mengacu kalender akademik, April-Juli, jadi, penerimaan maba mulai besok (1 April-red). Penerimaan mahasiswa baru juga sudah online.

Rapat ini juga membahas proses ujian online seperti, ujian hasil, ujian tutup, sidang proposal dan ujian judul.

“Hari ini rapat teknis ujian online, untuk sidang judul, pakai saja tim yang lama sambil menunggu SK yang baru,” ujar Dr. Mahsyar.

“Jaga kesehatan dan jaga jarak, supaya virus segera berhenti sebelum ramadan,” ujar Dr. Mahsyar menutup rapat.

Penulis: Mifda Hilmiyah

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *