Rektor Harap Mahasiswa KPM Inovator Masyarakat Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya

Rektor Harap Mahasiswa KPM Inovator Masyarakat Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya

IAIN Parepare – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare mengadakan pelepasan Kuliah Pengabdian Masyarakat Dari Rumah (KPM DR) kedua tahun 2021 di Auditorium, Kamis (2/04/2021).
Kegiatan pelepasan ini mengangkat tema “Membangun Masyarakat Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya” yang dihadiri oleh Rektor, Wakil rektor bidang APK, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Para Dekan, Ketua LP2M, Ketua LPM, Kepala Pusat Pengabdian, dan dosen pendamping.
Mengawali kegiatan pelepasan ini, Dr. Ramli selaku ketua panitia menjelaskan bahwa ada sebanyak 289 mahasiswa yang menjadi peserta KPM, di antaranya 50 mahasiswa Fakultas Tarbiyah, 37 Mahasiswa Fakultas Syariah dan Imu hukum Islam, 128 mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dan 74 Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
“Peserta KPM ini nantinya akan tersebar berdasarkan domisili masing-masing, sehingga ada satu wilayah KPM yang hanya ada satu pesertanya dan ada juga yang mencapai ratusan peserta,” ujar Ramli. “Kemudian pelaksanaan KPM ini dimulai hari ini, 2 April hingga 2 Mei 2021,” tambah Ramli.

Ketua LP2M Dr. Zainal Said juga menyampaikan bahwa terkait dengan pelaksanaan KPM yang masih dilakukan seperti tahun sebelumnya, yaitu dengan format KPM dari rumah dan kerja sosial, kegiatan ini merupakan hasil regulasi dari dirjen pendis.

Pelepasan KPM dibuka langsung oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad S Rustan yang ditandai dengan penyematan PDH dan memakaikan topi kepada peserta KPM.
Rektor menyampaikan kepada peserta KPM yang hadir secara luring dan daring bahwa dalam menciptakan masyarakat yang mandiri, sejahtera dan berbudaya adalah menjadi tugas pokok bagi seluruh peserta KPM. “Mahasiswa perlu menanamkan dalam mindset mereka tentang tugasnya sebagai fasilitator, mediator dan inovator saat berKPM di masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, masyarakat yang sejahtera dan masyarakat yang berbudaya,” ungkap Rektor.
Ia juga berharap kepada peserta KPM untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 5 M, terutama selalu mencuci tangan dan memakai masker mengingat kita masih berada pada kondisi pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *