Satukan Langkah Menuju APT A,  Tim Akreditasi Gelar Rapat Persiapan Akreditasi

Satukan Langkah Menuju APT A, Tim Akreditasi Gelar Rapat Persiapan Akreditasi

Tim Akreditasi IAIN Parepare gelar rapat persiapan akreditasi perguruan tinggi. Rapat yang diikuti oleh Rektor, Wakil Rektor, kepala LPM, Dekan Fakultas, wakil dekan, Ketua Program Studi, KaBag AKK, Kepala Unit TIPD dan Tim Zona Akreditasi. Pada hari Kamis, 23/05/2019, bertempat diruang pertemuan Lantai 2 Gedung Zona Akreditasi IAIN Parepare.

Dalam rapat tersebut  membahas beberapa hal mengenai persiapan dan kelengkapan dalam rangka persiapan akreditasi perguruan tinggi, perlu memperhatikan kelengkapan dari 9 kriteria yang ada pada borang. serta menyatukan dan menguatkan persepsi  untuk mencapai Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) A.

Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si., dalam arahannya mengatakan “bahwa untuk mencapai APT A ini tentu tidak mudah karena kita belum punya referensi IAIN mana yang harus dijadikan guru karena belum ada IAIN yang mendapatkan akreditasi A”

Kemudian Rektor menambahkan bahwa untuk mencapai cita-cita IAIN Parepare mendapatkan APT A perlu ada penyatuan langkah yang kita lakukan, baik itu antara tim zona akreditasi dengan ketua program studi perlu adanya kerjasama”

“salah satu indikatornya untuk mendapat APT A  yaitu  ketika visitasi dalam rangka perubahan bentuk, wakil dari kementerian keuangan yang hadir pada waktu menilai bahwa STAIN pada waktu itu layak berubah menjadi Universitas dengan melihat potensi yang ada. Namun karena moratorium perubahan bentuk sehingga STAIN tetap berubah bentuk menjadi IAIN.” Ungkap Rektor

Kepala Unit LPM Dr.Hj.Hamdanah, M.Si sependapat bahwa sebaiknya persiapan akreditasi ini memang sudah seharusnya membidik A, dan untuk tingginya akreditasi ini juga harus ditopang oleh program studi. Karena salah satu pendorongnya adalah akreditasi Program Studi, sebab program studi merupakan ujung tombak dari perguruan tinggi.

Sehingga untuk pengisian dokumen pada Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) memang merupakan tugas dari ketua Program Studi. Untuk memudahkan Program studi dalam mengisi borang akreditasi tidak perlu lagi menggunakan metode lama. Cukup dengan memasukkan data atau dokumen pendukung Borang akreditasi pada Google Drive tim yang difasilitasi oleh tim zona Akreditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *