Senam Sehat Tingkatkan Imun Tubuh Hadapi Covid -19

Senam Sehat Tingkatkan Imun Tubuh Hadapi Covid -19

Humas IAIN Parepare — Hj. Musyarraffah Amin percaya jika olahraga itu penting bagi kesehatan. Maka sejak dari awal bekerja di IAIN Parepare sebagai Kepala Biro AUAK, Hj. Musyarrafah Amin menginisiasi Gerakan Jumat Sehat bagi pegawai dalam lingkup IAIN Parepare. Selain alasan kesehatan, Gerakan Jumat Sehat juga menjadi ajang silaturrahmi semua kalangan, khusus bagi dirinya selaku pimpinan dengan staf-stafnya.

Pada masa new normal di era pandemi Covid -19, Gerakan Jumat Sehat ini kembali diaktifkan. “Senam sehat kembali kita aktifkan. Olahraga itu penting, apa lagi di era pandemi Covid -19 ini. Melalui senam sehat dan di bawah matahari pagi, ketahanan tubuh kita meningkat,” kata Hj. Musyarrafah Amin usai senam sehat pagi tadi, Jumat (23/10/2020) di halaman kantor Fakshi.

Inisiatif Kepala Biro AUAK ini cukup beralasan. Banyak ahli Kesehatan yang menganjurkan agar melakukan olahraga di masa pandemi Covid -19. “Olaharga terukur dan terprogram serta asupan gizi seimbang merupakan faktor penting untuk menjaga imunitas tubuh, seperti saat pandemi Covid -19 sekarang”, ulas Prof. Purba, Ketua Pusat Penelitian Kardiovaskuler Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) seperti yang dilansir www.kompas.com (23/6/2020).

Menurut Purba, olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, serta bertujuan untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Seperti yang kita ketahui, penyakit-penyakit tersebut akan semakin rawan jika terinveksi Covid -19.

Purba menekankan pentingnya olahraga intensitas sedang. Olahraga intensitas sedang dapat meningkatkan imunitas, meningkatkan kemampuan, dan aktivitas Natural Killer Cells serta IgA. Natural Killer Cells dan IgA berperan penting dalam melindungi saluran pernapasan sehingga daya tahan saluran pernapasan terhadap infeksi bakteri dan virus lebih baik.

Gerakan Jumat Sehat yang diinisiasi Hj. Musyarrafah Amin merupakan olahraga teratur dengan intensitas sedang ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan. “Karena kita di sini, olahraga, santai, senang, dan bahagia. Ada silaturrahmi, sehingga bisa saling bercanda dan tertawa bersama. Itu kan sehat !” pungkasnya.

Pasca senam sehat dan sambil makan bubur, Kepala Biro AUAK ini memanfaatkan momen melakukan couching terhadap seluruh pegawai sebagai tim kerja yang solid. Terlihat secara bergantian pegawai berbincang dan berdiskusi dengan Kepala Biro terkait dengan tupoksi masing-masing. Tak terlihat lelah di wajahnya merespon pembicaraan para pegawai. Komunikasi mereka terlihat sangat cair, santai tanpa sekat antara atasan dan bawahan. Sebelum meninggalkan lokasi senam, Kepala Biro berpesan tetap mematuhi protokol Kesehatan dan tetap semangat bekerja di masa pandemi Covid -19 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *