Senat IAIN Parepare telaah Rencana Kuliah New Normal

Senat IAIN Parepare telaah Rencana Kuliah New Normal

Humas IAIN Parepare–Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan rapat senat di lantai 5 Gedung Perpustakaan, Jumat (12/06/20). Rapat senat selama kurang lebih dua jam dihadiri 15 orang anggota senat dan dipimpin oleh ketua senat, Prof.Dr.H.Abd Rahim Arsyad, M.A.
Adapun agenda yang akan dibahas terkait kebijakan rektor tentang new normal , usul pangkat fungsional dosen dan mutasi serta proses new akademik di kampus IAIN Parepare.
Pada arahan rektor Dr. Ahmad S. Rustan, M.Si dalam rapat senat menjelaskan merujuk dari maklumat rektor tentang sistem kerja ASN di lingkungan IAIN Parepare dibagi dalam dua skenario.
“Skenario pertama, bekerja melalui kantor atau (WFO) dan skenario kedua bekerja dari rumah (WFH) dengan menggunakan teknologi, ” tambahnya.
Begitu pula tentang kebijakan perpanjangan masa belajar di rumah mulai tanggal 5-19 Juni 2020. Rektor menjelaskan Jika lewat dari tanggal 19 Juni 2020 tidak ada lagi surat edaran dari KemenPAN-RB dan Kemenag, maka IAIN Parepare akan bersiap memasuki new akademik untuk semester ganjil tahun 2020/2021 dimana layanan pendidikan menggunakan layanan kombinasi (blended learning), yaitu secara daring (online) dan luring (offline).
Lebih menarik lagi jika dalam perkuliahan luring nantinya tidak semua mahasiswa diikutsertakan belajar dalam kelas, akan tetapi dibatasi hingga 17 orang mahasiswa dengan mengikuti aturan dari protokol Covid 19 IAIN Parepare dan protokol kesehatan. Selama new akademik perlu juga menyiapkan washtafel umum untuk cuci tangan kemudian dipasang di titik-titik strategis.
“Misalnya, dalam satu kelas ada 35 orang mahasiswa, maka mahasiswa dapat ikut dalam proses kuliah dibatasi hanya 17 orang dan selebihnya bisa diberikan pelayanan secara online ,” tambahnya lagi.
Dr Fikri, M.Ag, Sekretaris senat juga menjelaskan bahwa semua hasil rapat senat ini telah disetujui oleh anggota senat mengenai tatanan akademik baru.
Tambahnya lagi, hal ini hanya berlaku selama dalam Covid 19 dan tatanan normal baru. Akan tetapi apabila nanti sudah benar-benar normal, maka akan kembali pada kalender akademik semula.
Sedangkan agenda rapat lainnya membahas lima dosen yang diusulkan untuk kenaikan pangkat dan mengenai mutasi masuk, Sitti Thalhah dari keahlian Pendidikan Matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *