Sinergi Publikasi melalui Repository,  Tingkatkan Kekayaan Intelektual Lembaga

Sinergi Publikasi melalui Repository, Tingkatkan Kekayaan Intelektual Lembaga

IAIN Parepare – Perpustakaan IAIN Parepare mengadakan Workshop Repository yang Berorientasi Open Access (OA) di gedung lantai tiga Perpustakaan IAIN Parepare, Senin (9/11/2020)

Kegiatan ini bertajuk “Workshop online: Pengembangan Research Repository“. Sambutan Rektor, Dr. Ahmad S. Rustam, M.Si. yang diwakili oleh Kepala Perpustakaan, Dr. Usman, M.Ag. berharap Institusi Repository (IR) ini dapat dijadikan sebagai sarana menyimpan karya dosen sebagai Kekayaan Intelektual Lembaga dan meningkatkan pengelolaan repository sebagai open akses lokal, nasional maupun internasional.

Lanjut, kepala perpustakaan pada sambutannya mengapresiasi dukungan pimpinan lembaga pada kegiatan ini.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan kita dalam memahami salah satu layanan elektronik yang bersifat Open Access (OA) yakni Repository Perpustakaan.

Kegiatan virtual yang diikuti tidak kurang dari 150 peserta ini menghadirkan Narasumber jebolan Queensland University of Technologi Brisbane Australia (2010), Faizuddin Arliyansah, MIM. didampingi Sirajuddin, S.IPI.,M.Pd., (moderator) mengetengahkan pentingnya mengopen akses (OA) repository sebagai salah satu saluran komunikasi ilmiah Scholarly Communication dan menghindari Serial Crisis yang mencakup mahalnya biaya mengakses journal berbayar. Materi kegiatan ini dapat diakses melalui Channel YouTube Perpustakaan IAIN Parepare.

Kegiatan ini diikuti oleh unsur Dosen IAIN Parepare, para Pustakawan dan Pegawai dalam lingkup UPT. Perpustakaan dan peserta dari luar IAIN Parepare ini.

Repository Perpustakaan dapat di andaikan sebagai Market (pasar) hasil karya baik mahasiswa maupun dosen dalam bentuk digital yang dapat diakses secara online, dan ini sangat urgen untuk disosialisasikan kepada para bapak dan ibu dosen,” ujar Usman.

Kondisi rill repository saat ini, lanjut kepala perpustakaan menggambarkan data terbaru. Artikel Jurnal : 72 karya, Buku Digital : 91, Book section : 25 karya, Hasil Penelitian : 12, Conference : 20, Seminar dan workshop : 4, Skripsi dan Tesis : 1276 Video : 2, Audio : 1, dan Karya lainnya : 77.

Statistik sejak Agustus 2018: 99 persen Fultexs, jumlah item 1.657 karya, Jumlah unduhan 66.755, Jumlah unduhan pada masa pandemi 5.486 April 2020 dan mencapai puncak pada oktober bulan lalu sebanyak 6.205 karya yang diunggah.

Dari data yang diakses pada, Minggu (8/11/2020) dengan melihat rasio dosen dan alumni, hasil karya yg terpublikasi ini masih perlu ditingkatkan.

Di akhir sesi narasumber memberikan closing statement. “Kegiatan publikasi Open Acces ini diibaratkan melaksanakan tugas kenabian sebagai penyampai risalah kepada ummat yang terealisasi melalui pengembangan Institution Repository (IR),” tutur Faizuddin.

“Di masa depan manusia akan dikenang bila berkarya dan mampu pempublikasikan karyanya dengan berkolaborasi bersama Artificial Intelegent (AI) yg berteknogi modern, diantaranya pada repository,” jelas Usman sekaligus menutup kegiatan Workshop Repository. (srj/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *