Tahun 2020, Gunakan Sistem IT Terbaru dan Aplikasi Pengamanan Data dari India

Tahun 2020, Gunakan Sistem IT Terbaru dan Aplikasi Pengamanan Data dari India

Humas IAIN Parepare — Tahun 2020, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melakukan pembaruan dan penggantian Sistem dan Aplikasi Teknologi Informasinya. Hal tersebut diungkapkan Rektor IAIN Parepare saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Workshop Pengembangan Teknologi Informasi di gedung Perpustakaan, Selasa, 3/12/2019.

“Aplikasi Sistem Informasi Kampus (SISFO) yang kita gunakan selama ini akan diperbarui dan diganti dengan aplikasi yang lebih kompetibel. Aplikasi SISFO ini adalah generasi kedua setelah SIAKA. Seiring dengan perkembangan, SISFO semakin terbatas dan tidak mampu lagi meng-cover kebutuhan dan pengembangan kampus yang semakin banyak,” papar Rektor.

Untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan tersebut, lanjut Rektor, kita telah menyiapkan Sistem Teknologi Informasi (TI) terbaru. Sistem TI ini adalah generasi ketiga setelah SIAKA dan SISFO yang digunakan di kampus kita. Sistem TI ini akan lebih komplit, integratif dan memiliki konektifitas terhadap setiap kebutuhan masing-masing unsur atau bagian, baik internal mau pun eksternal kampus.

“Termasuk untuk memenuhi keperluan akreditasi mau pun layanan Kartu Mahasiswa dan dosen yang integratif. Jadi ke depannya, mahasiswa dan dosen hanya perlu satu kartu identitas untuk semua urusan,” kata Rektor menjelaskan. “Begitu pun dengan sistem administrasi akademik dan non akademik lainnya, semua akan terintegrasi”, tambahnya.

“Sistem TI ini juga, sudah memiliki konektivitas dengan pihak Forlap Dikti. Selama ini, SISFO tidak memiliki konektivitas dengan Forlap Dikti. Sementara Forlap Dikti sangat penting karena menjadi pusat meng- update dan validalitas data mahasiswa dan alumni. Nomor ijazah nasional keluar berdasarkan data base yang ada di Forlap Dikti. Melalui sistem TI yang terbaru ini, data base kita langsung terkoneksi dengan Forlap Dikti.”

Dalam pengembangan Teknologi Informasi tersebut, Rektor juga menyiapkan sistem pengamanan data yang handal. “Untuk keamanan data, kita sudah menyiapkan sistem back up data, yaitu open educate system. Aplikasi ini berasal dari India. Melalui aplikasi tersebut keamanan data kita terjamin dan aman dari hacker yang tidak bertanggung jawab. Kita tidak perlu khawatir kehilangan data atas ulah pihak lain atau pada saat imigrasi data.

Workshop Pengembangan Teknologi Informasi yang dibuka Rektor hari ini, dihadiri oleh seluruh pimpinan Institut, pimpinan Fakultas, Ketua-ketua Lembaga, Kepala UPT dan Kepala-kepala Bagian lingkup IAIN Parepare. Tujuannya adalah untuk mendengarkan dan memetakan kebutuhan kelembagaan yang akan di cover dalam sistem dan aplikasi Teknologi Informasi yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *