Rangkaian Tarbiyah Award: Workshop Teknologi Media Pembelajaran Manfaatkan Limbah

Rangkaian Tarbiyah Award: Workshop Teknologi Media Pembelajaran Manfaatkan Limbah

HUMAS IAIN Parepare— Limbah atau bahan sisa yang dihasilkan suatu proses produksi atau konsumsi yang keberadaannya dapat mengganggu keasrian, kenyamanan, dan kesehatan hidup manusia. Keberadaan limbah harus ditangani secara serius supaya tidak menimbulkan masalah yang berkelanjutan di dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan melakukan pemanfaatan limbah seperti yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah khususnya dalam media pembelajaran. Untuk mendukung hal tersebut, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri  IAIN Parepare melaksanakan workshop teknologi media pembelajaran menggunakan limbah di Aula IAIN Parepare, Senin (02/12/2019).

Ketua Panitia, Usman mengungkapkan workshop ini mengusung tema Generasi Milenial Sadar Limbah Berkarya melalui Teknologi.

Workshop ini memberikan pemahaman kepada kita semua baik bapak ibu dosen serta mahasiswa, bagaimana memanfaatkan limbah ini untuk menjadi media pembelajaran supaya menjadi lebih menarik & bermanfaat,” ucap Usman yang juga menjadi salah satu pemateri.

Lebih lanjut, Dosen sekaligus Kepala UPT Perpustakaan IAIN Parepare ini  juga menerangkan bahwa workshop ini merupakan rangkaian dari Tarbiyah Award 2019.

Selain dihadiri mahasiswa IAIN Parepare juga hadir beberapa delegasi mahasiswa dari STAIN Majene, STAI DDI Parepare dan STAIN DDI Pinrang dengan mengundang narasumber yang pakar dibidangnya, Dr. Arnidah, S. Pd.,M.Si.

Dalam materinya, Arnidah mengapresiasi hasil karya mahasiswa Tadris IPS yang berhasil menjadi juara 1 dalam pembuatan media pembelajaran dengan memanfaatkan limbah sekitar.

“Media yang harus dibuat berdasarkan tujuan pembelajaran. Media pembelajaran tidak boleh berdiri sendiri sebagus apapun, harus ada silabus, RPP dan lembar evaluasi,” saran Arnidah saat menyampaikan materinya.

Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Saepudin juga turut memberi apresiasi atas kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam ajang lomba tersebut. “Bagaimana kita bisa mencipta, bagaimana kita bisa melakukan inovasi dengan pemanfaatan limbah,” ucapnya sebelum membuka workshop. (hyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *