Tarbiyah gelar Workshop Academic Writing

Humas IAIN Parepare–Dalam rangka meningkatkan kualitas dan keahlian mahasiswa dalam membuat karya ilmiah terutama dalam pembuatan skripsi, fakultas tarbiyah menyelenggarakan workshop Academic  writing bagi mahasiswa tarbiyah di ruang seminar lantai dua gedung tarbiyah, minggu (03/11).

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WITA, diawali dengan perkenalan pemateri academic writing  oleh dekan fakultas tarbiyah Dr. H. Saepuddin, S.Ag, M.A. kemudian dilanjutkan dengan materi oleh prof.Dr. Dedi Djubaedi, M.A.

Materi yang disampaikan oleh Prof.Dedi, yang pertama adalah dengan membuka pikiran positif agar kegiatan workshop ini dapat berjalan dengan lancar yang diawali dengan mengajak peserta berdiri serta bersama-sama membaca doa.

Kemudian prof. Dedi juga menyampaikan sebuah kisah inspriatif bahwa untuk menulis sebuah karya ilmiah intinya tidak pernah ragu dan tidak pernah menyesal.

“tidak pernah ragu untuk memulai sesuatu jangan dan tidak pernah menyesal untuk melaksanakan sesuatu” ungkapnya.

Selanjutnya, masuk materi inti, Prof. Dedi menyampaikan bahwa mahasiswa yang ingin membuat karya ilmiah terutama penyelesaian skripsi, yang pertama adalah membuat draft sesuai dengan penelitian yang ingin di teliti oleh mahasiswa, kedua adalah mencari jurnal jurnal yang sesuai dengan yang diangkat oleh mahasiswa.

“bagi mahasiswa calon S1 sebanyak-banyaknya 20 jurnal sebagai bahan rujukan sedangkan bagi mahasiswa S2 sebanyak 50 jurnal dan mahasiswa S3 sebanyak 100 judul jurnal” tambahnya saat memberikan materi.

Adapun kegiatan workshop berjalan lancar hingga akhir kegiatan, dimana diikuti bukan hanya mahasiswa saja tetapi juga ada dari mahasiswa pascasarjana dan dosen dari fakultas tarbiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *