Tausyiah Ramadhan; Hargai dan Manfaatkan Waktu

Tausyiah Ramadhan; Hargai dan Manfaatkan Waktu

Humas IAIN Parepare — “Waktu adalah sesuatu yang sangat bernilai bagi manusia. Waktu itu meliputi masa lalu, masa sekarang dan masa datang. Pemanfaatan waktu ibarat mata pisau. Jika dimanfaatkan dengan baik maka mendatangkan kebaikan bagi manusia. Sebaliknya, jika waktu tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya hanya mendatangkan kesia-siaan bagi manusia.”

Demikian paparan ustas Syarifuddin, S. Ag., M.M. saat memberikan tausyiah Ramadhan disela-sela meeting harian via ASN IAIN Parepare, Rabu, 29/4/2020. Kepala TU Fakultas Tarbiyah ini mengingatkan para ASN agar menghargai waktu dengan bekerja secara maksimal. “Sebagai ASN, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk bekerja. Karena kita ini di gaji oleh negara meski tetap berada di rumah. Jangan sia-siakan itu,” katanya.

Nur Daliah Bate yang bertindak sebagai Moderator dalam acara tausyiah

Ustas Syarifuddin pun menyampaikan firman Allah Swt dalam al- Quran Surah al- ‘Asr ayat 1-3 yang berkaitan dengan waktu. Dalam ayat ini, Allah Swt bersumpah demi waktu / masa. Bahwa sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Kecuali orang yang beriman, beramal shaleh dan orang-orang yang saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Menurut Syarifuddin, ayat ini sangat jelas mengajarkan kepada manusia untuk bekerja dengan memanfaatkan waktu yang ada. Jika tidak, manusia dalam kerugian yang nyata.

Pejabat eselon tiga ini memotivasi dan berpesan kepada ASN agar memiliki rasa bangga sebagai seorang abdi negara. “ASN merupakan pekerjaan yang mulia. Banyak orang di luar sana yang berkeinginan menjadi ASN tetapi gagal meski berulang-ulang mencoba. Oleh karenanya, atur waktu tersebut dengan merencanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya,” ulasnya dalam tausyiah yang berjalan hikmat. Ada sekitar 32 orang ASN yang mendengarkan tausyiah ini melalui google meet. Nur Daliah Bate yang ditunjuk sebagai moderator menutup acara ini dengan kesimpulan-kesimpulan.

Kepala Biro AUAK, Hj. Musyarrafah Amin yang mendengarkan tausiah ini, dari awal hingga akhir langsung memberikan pujian dan apresiasi. “Luar biasa tausiah kita hari ini, sangat mencerahkan. Apa yang disampaikan ustas Syarifuddin tentang waktu merupakan nasehat yang sangat baik, khususnya bagi ASN dalam bekerja. Jika diterapkan maka ASN pasti produktif dan berkinerja tinggi,” paparnya saat memberi arahan pada meeting tersebut

“Saya juga tidak menyangka, ternyata teman-teman ASN ini memiliki talenta dan bakat yang terpendam. Setelah diberi ruang dan kesempatan, ternyata semuanya luar biasa,” kata Hj. Musyarrafah memberi pujian. Tausiah Ramadhan ini sudah menampilkan tiga penceramah, yaitu Muh. Jafar, H. Naharuddin dan Syarifuddin. Ketiganya memberikan tausyiah, tak ubahnya seperti ustas kondang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *