Terima Tawaran Bawaslu, Sivitas Kampus akan Berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu

Terima Tawaran Bawaslu, Sivitas Kampus akan Berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu

Humas IAIN Parepare — Ahmad Sultra Rustan selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menerima kunjungan kerja Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Parepare di ruangan kerjanya sore tadi, Senin, 21/9/2020. Dalam menerima tamunya, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang AUPK, H. Sudirman, L., Wakil Rektor Bidang KK, H. Muhammad Saleh, dan Kasubag KHM, Suherman Syach.

Pertemuan yang berdurasi satu jam ini berlangsung santai dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan. Rombongan Bawaslu berjumlah enam orang dan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Parepare, Muh. Zainal Asnun. Dalam rombongannya hadir H. Ihdar Radhy (Anggota Bawaslu), Ismail Yusuf (Korsek Bawaslu), dan Media Junavan, Nur Saadah, Yulia Faradhiba masing-masing sebagai staf Bawaslu Kota Parepare.

Ketua Bawaslu Kota Parepare dan rombongan foto bersama dengan pimpinan IAIN Parepare

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Rektor menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kunjungan Ketua Bawaslu Kota Parepare. “Kami merasa berbangga mendapat kunjungan ini. Kami yakin, Bawaslu memilih dan mengunjungi IAIN Parepare karena memiliki penilaian positif terhadap kampus ini,” kata Rektor. Selain itu, Rektor memberikan gambaran umum perkembangan kampus, termasuk jumlah mahasiswa yang sudah hampir mencapai sepuluh ribuan orang sebagai wajib pilih dalam pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Parepare dalam mengawali pembicaraannya, menyambut baik dan merasa senang atas penyambutan Rektor yang dinilainya sangat hangat ini. Muh. Zainal Asnun menyampaikan tujuan kunjungannya ke kampus. “Kami ingin mengajukan dan mengajak IAIN Parepare untuk melakukan kerjasama, khususnya dalam program pengawasan partisipasi pemilu”, paparnya.

Menurutnya, IAIN Parepare sebagai perguruan tinggi di Kota Parepare memiliki peran strategis dalam membangun demokrasi melalui pemilu. Kampus sebagai basis intelektual sangat dibutuhkan dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas. “Kami ingin menggandeng dan melibatkan IAIN Parepare dalam program pengawasan partisipasi pemilu”, katanya kepada Rektor.

“Jika Rektor berkenan, kolaborasi program itu dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan pendidikan politik rakyat. Misalnya melaksanakan seminar, workshop, dan kegiatan ilmiah lainnya. Masyarakat perlu diberikan pencerahan secara massif agar terbangun kesadaran mereka untuk menjauhi politik uang”, paparnya. “Disinilah letak peran kampus atau para dosen-dosen kita memberikan pencerahan kepada masyarakat,” tegas Ketua Bawaslu ini.

Menanggapi penawaran Ketua Bawaslu Kota Parepare, Ahmad Sultra Rustan langsung merespon dan menyatakan kesediaannya melakukan kerjasama strategis antara kedua lembaga. “Kami senang dan menyambut baik ajakan kerjasama ini. IAIN Parepare akan memberikan dukungan penuh terhadap program Bawaslu Kota Parepare. Kami akan menyediakan fasilitas untuk melaksanakan program-program tersebut.

Seraya memperlihatkan gedung Auditorium yang letaknya tidak jauh dari gedung Rektorat. “Gedung itu berkapasitas daya tampung 2.500 orang. Sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan Bawaslu yang melibatkan banyak orang. Kami siap memfasilitasi untuk melaksanakan kegiatan workshop dan semacamnya”, kata Rektor. “Selain itu, IAIN Parepare juga bisa mengsupport dosen-dosen atau mahasiswa terlibat langsung dalam program pengawasan pemilu tersebut,” tambahnya.

Pada akhir perbincangan, kedua pimpinan lembaga ini bersepakat membangun kerjasama secara formal dan akan ditindaklanjuti dalam penandatangan MoU kedua pihak. Ketua Bawaslu menyerahkan draf MoU kepada Rektor IAIN Parepare untuk dibuatkan persetujuan bentuk dan poin-poin kesepakatan apa saja yang akan dikerjasamakan. Sebelum meninggalkan ruangan, Ketua Bawaslu dan rombongan menerima cenderamata dan foto bersama dengan pimpinan IAIN Parepare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *