Terobosan dan Inovasi Baru dalam Workshop Desain Pembelajaran

Terobosan dan Inovasi Baru dalam Workshop Desain Pembelajaran

Humas IAIN Parepare — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Workshop Desain Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi selama 2 hari, yaitu 14-15 Desember 2019 di gedung Perpustakaan Lantai 5. Workshop ini mengangkat tema Tantangan Pembelajaran Era Revolusi Induatri 4.0.

Banyak terobosan yang tercipta dari panitia pelaksana workshop mau pun gagasan inovasi dalam desain pembelajaran itu sendiri. Terobosan dari panitia pelaksana terlihat dari penerapan absensi dan sertifikat peserta yang berbasis barcode.

“Peserta cukup menggunakan id card dan mengakses barcodenya melalui hp masing-masing peserta. Secara otomatis, sistem yang disediakan panitia merekam dan menandai kehadiran peserta,” kata Haramain, salah satu panitia pelaksana kegiatan. “Kita tidak mengunakan absen manual lagi,” tambahnya.

Selain itu, panitia pelaksana juga menggunakan barcode dalam mencetak sertifikat. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan upaya duplikasi sertifikat. Barcode tersebut berisi identitas pemilik sertifikat. “Sertifikat yang memiliki barcode tidak bisa diduplikasi dan atau digunakan orang lain,” jelas Musmulyadi panitia lain yang dikonfirmasi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, H. Muhammad Saleh selaku penanggung jawab kegiatan mengapresiasi kerja panitia pelaksana dengan berbagai terobosannya. “Itu terobosan baru dan positif. Perlu dicontoh oleh panitia pada kegiatan berikutnya,” katanya. “Hal tersebut akan memberikan kesan bahwa penerapan IT di kampus sudah level tinggi. Selain itu, terobosan dan penerapan IT akan berdampak terhadap efesiensi penggunaan kertas dan ATK lainnya,” ujarnya menambahkan.

Workshop Desain Pembelajaran Berbasis IT ini diikuti oleh 32 dosen utusan dari 4 fakultas dalam lingkup IAIN Parepare. Kebanyak dari mereka adalah dosen muda yang masih berstatus CPNS. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Sitti Jamilah Amin, Sabtu, 14/12/2019.

Tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan kesiapan dosen dalam pembelajaran berbasis Informasi dan Teknologi. “Kami berharap, workshop ini menghasilkan output dosen yang memiliki desain pembelajaran yang menggunakan teknologi. Sehingga proses perkuliahan benar-benar memanfaatkan teknologi dengan hasil yang maksimum”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *