Juara 1 Tingkat Nasional Tim Fakhsi Sabet Piala MPR-RI

Juara 1 Tingkat Nasional Tim Fakhsi Sabet Piala MPR-RI

IAIN Parepare– Jumat (27/11/2020) Tim debat hukum Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) IAIN Parepare berhasil meraih juara satu dalam ajang lomba Debat Nasional Gebyar Pekan Hukum Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan MPR-RI Tahun 2020.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Hukum Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Law Debate Community UIN Malang dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) yang diselenggarakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang dimulai sejak tanggal 18 November 2020 sampai dengan tanggal 27 November 2020.

Tim debat konstitusi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare, berhasil keluar sebagai juara satu setelah melewati beberapa tahapan debat yang ditetapkan oleh panitia. Tim debat yang berhasil mendapatkan juara satu tersebut terdiri dari pembicara satu atas nama Sri Adriana (Prodi Hukum Tata Negara), pembicara kedua Nur Misyuari (Prodi Hukum Pidana Islam), dan pembicara ketiga atas nama Muhammad Andri Alvian (Prodi Hukum Tata Negara).

Selain itu juga prestasi yang membanggakan dalam ajang ini yaitu Sri Adriana mendapatkan penghargaan individu sebagai Best Speaker.
Lomba debat yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang bekerjasama dengan MPR-RI, mengusung tiga mosi yang diperdebatkan. Mosi tersebut terdiri dari pertama, Pilkada Serentak di tengah Pandemi (babak penyisihan), kedua, Calon Tunggal Pilkada (semi final) dan yang ketiga Urgensi Pembentukan UU Cipta Kerja (final).

Tim debat Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare yang berhasil meraih juara satu dalam ajang tersebut, dimentoring langsung oleh Wiwin yang juga mahasiswa FAKSHI dan pernah mengukir berbagai prestasi dalam ajang debat tingkat nasional.
Dalam keterangannya via whatsApp Wiwin menyampaikan bahwa, sebagai mentor saya sangat bangga atas pencapaian adik-adik karena bisa berprestasi pada lomba debat tingkat nasional, apalagi mereka baru semester 3 dan juga tim yang dihadap berasal dari universitas ternama seperti UI, Universitas Sebelas Maret, dan sebagainya.

Wiwin menambahkan dalam komentarnya bahwa pencapaian tim debat hukum IAIN Parepare tidak terlepas dari peran Student Dabate Forum (STADIUM) sebagai komunitas dan tempat belajar debat bagi mereka. Selain itu, dukungan yang luar biasa dari pihak kampus terutama pihak FAKSHI menjadi motivasi bagi tim debat hukum IAIN Parepare untuk mencapai prestasi terbaik sebagai bentuk ucapan terima kasih atas supportnya kepada kami.

“Di bulan ini sudah ada beberapa prestasi lomba debat yang diraih adik-adik seperti juara 3 Lomba Debat Mahasiswa Nasional BK FISIP Ke-36 Universitas Warmadewa Bali dan juga kami juga sementara menunggu hasil final lomba debat Nasional MERAK HAFARA 2020 Universitas Trunojoyo Madura. Harapannya Semoga ke depannya, tim debat IAIN Parepare mampu meraih prestasi yang lebih membanggakan serta pihak kampus tetap mensupport kami,” tutup Wiwin. (rush/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *