Tim Debat IAIN Parepare Kembali Mengukir Prestasi dalam Lomba Debat Nasional

Tim Debat IAIN Parepare Kembali Mengukir Prestasi dalam Lomba Debat Nasional

IAIN Parepare – Sabtu (28/11/2020) tim debat IAIN Parepare kembali mengukir prestasi dalam kancah nasional. Setelah kemarin berhasil menyabet juara satu dalam ajang piala MPR-RI yang digelar oleh Fakultas Hukum Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kini tim debat IAIN Parepare lainnya berhasil menjadi juara dua dalam ajang debat nasional.

Tim debat IAIN Parepare berhasil menjadi juara dua dalam Lomba Debat Nasional MERAK HAFARA 2020 Universitas Trunojoyo Madura, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah Universitas Trunojoyo Madura.

Lomba Debat Nasional MERAK HAFARA 2020 Universitas Trunojoyo Madura yang berlangsung dari tanggal 17 November sampai 22 November 2020, diikuti oleh tim-tim debat dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Tim debat IAIN Parepare yang berhasil mendapatkan juara dua dalam lomba tersebut terdiri dari tiga orang pembicara yang merupakan mahasiswa gabungan dari Fakultas Syariah & Ilmu Hukum Islam dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam IAIN Parepare.

Pembicara satu, atas nama Nurkhafifah Naharani (Prodi Perbankan Syariah), pembicara dua atas nama Muhammad Andri Alvian (Prodi Hukum Tata Negara), dan pembicara tiga atas nama Hasniati (prodi Hukum Ekonomi Syariah).

Tim debat IAIN Parepare berhasil meraih juara dua setelah sebelumnya berhasil masuk ke babak final dalam Lomba Debat Nasional MERAK HAFARA 2020 Universitas Trunojoyo Madura.

Mosi yang diperdebatkan terdiri dari Pengesahan RUU Omnibus Law menjadi UU (Babak eliminasi video), Pembukaan Mall dan Tempat Wisata di Era New Normal menjadi Tempat Penyebaran Covid-19 (Babak Penyisihan), Masa Jabatan Presiden Diubah Menjadi 8 Tahun Dalam Satu Masa Periode (Babak Quarter Final atau 8 besar), Sekolah dan Universitas akan Normal Kembali Pada 2021 (Babak Semifinal), dan New Normal lebih efektif daripada PSBB (Babak Semifinal).

Persiapan yang dilakukan oleh tim debat IAIN Parepare dalam lomba ini, dimulai Persiapannya sejak 9 November 2020 sampai 17 November 2020.
“Sebagai coach yang pastinya saya sangat bangga dan bahagia atas pencapaian adik-adik sebagai juara 2 dalam Lomba Debat Nasional MERAK HAFARA 2020 Universitas Trunojoyo Madura,” ujar Wiwin.

Pada lomba debat ini, pihak HMPS Hukum Ekonomi Syariah bekerjasama dengan STADIUM dalam mengirimkan 2 tim delegasi. Pada babak eliminasi video dan babak penyisihan, kedua tim debat tersebut berhasil lolos sampai pada tahap 8 besar dengan peringkat nilai 1 dan 2 di room masing-masing.

Namun, pada babak selanjutnya hanya satu tim yang bisa melaju ke babak semifinal dan final. Pada babak final, tim debat IAIN Parepare berhadapan dengan Universitas Indonesia (UI) yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Hasilnya, tim kami harus puas sebagai juara kedua dalam kompetisi tersebut.

Wiwin menambahkan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari dukungan dari pihak kampus terkhusus pejabat-pejabat FAKSHI yang selalu mendukung selama kegiatan ini berlangsung. Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah sangat membantu dan mendukung kami selama ini. Bahkan ketika babak final yang dilaksanakan pada malam hari, mereka datang untuk memberi dukunga dan memberi semangat kepada kami.

“Harapan saya, semoga adik-adik tetap semangat belajar untuk mengembangkan potensi diri serta tetap menjadikan STADIUM sebagai tempat belajar dan mitra bagi kampus di bidang debat,” tutup Wiwin selaku coach dan juga mahasiswa prodi HTN IAIN Parepare. (rush/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *