Tingkatkan Jiwa Kepramukaan, Racana Makkiade’ Malebbi Adakan Pengembangan Keterampilan Kepramukaan

Tingkatkan Jiwa Kepramukaan, Racana Makkiade’ Malebbi Adakan Pengembangan Keterampilan Kepramukaan

IAIN Parepare— Memasuki hari ketiga pelaksanaan Pengembangan Keterampilan Kepramukaan (PKK) yang diselenggarakan oleh Racana Makkiade’ Malebbi IAIN Parepare (sebelumnya bernama Racana Albadi’ STAIN Parepare) di Balai Seni dan Budaya IAIN Parepare, Senin (24/02).

Di hari ketiga ini, para peserta diberikan wawasan tentang petunjuk pemakaian seragam pramuka dan Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) gerakan pramuka yang dibawakan oleh Ridwan, S.Ag., S.H, MA dan Mustika Syarifuddin, M.Sn.

Kegiatan yang dibuka pada hari Sabtu (22/02) ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan jiwa kepramukaan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut setelah pelaksanaan Scoubat.

Dibuka oleh DR H Muhammad Saleh, M. Ag (Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Parepare)

Ketua Panitia Makmur Hidayat mengungkapkan perlunya peningkatan solidaritas anggota pramuka.
“Artinya saling merangkul baik yang belum mengikuti PKK atau pun yang sudah mengikuti demi kelancaran dalam mengikuti setiap kegiatan yang akan dilaksanakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hidayat menjelaskan tentang perlunya anggota racana memiliki rasa tanggung jawab.
“Sesuai dengan jenjang di pramuka racana makkiade’ malebbi, jenjang 1 yaitu scoubat kemudian PKK. Nah, jika peserta telah mengikuti Pengembangan Keterampilan Kepramukaan (PKK) pasti rasa tanggung jawabnya semakin meningkat. Yang dulunya tidak bisa menjadi reka kerja atau panitia inti. Setelah mengikuti kegiatan PKK otomatis di antara para peserta sudah bisa menjadi reka kerja inti,” jelasnya.

Pengembangan keterampilan kepramukaan ini diikuti 18 peserta dan kegiatan dijadwalkan akan berakhir hingga 01 Maret mendatang.
Syahrul Agriansah selaku Ketua Dewan Racana Makkiade’Malebbi IAIN Parepare berharap agar anggota raca senantiasa loyal dan solid.
“Saya berharap peserta PKK tahun ini lebih loyal dan solid ketika telah menjadi anggota racana dan akan membawa dan mengharumkan nama racana menjadi lebih baik lagi, baik itu dalam kampus maupun luar kampus,” harapnya. (hyn/mif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *