Upacara Hari Kesadaran Nasional dilakukan secara Virtual berlangsung Khidmat

Upacara Hari Kesadaran Nasional dilakukan secara Virtual berlangsung Khidmat

Humas IAIN Parepare — IAIN Parepare melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional untuk pertama kalinya dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Ini karena, situasi pandemi Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia dan juga negara-negara di dunia.

Meski digelar daring, upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) pada Rabu (17/06/20) pukul 07.15 WITA itu, tetap berlangsung khidmat.


Bertindak sebagai pembina upacara Direktur Pascasarjana, Dr. H. Mahsyar, M.Ag., dan pemimpin upacara Dr. Iskandar, M.Sos.I., Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.

Mahsyar dalam amanatnya menyampaikan bahwa hal yang terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebelum membangun fisiknya yang pertama dibangun jiwanya, yaitu kesadaran. Kesadaran ini ada dua aspek, kesadaran negara dan kesadaran bernegara, dimana sebuah negara berkewajiban melindungi dan mengayomi rakyatnya.
Ia menjelaskan, di masa pandemik ini negara berjuang melindungi rakyatnya dari bahaya wabah dengan menerapkan social distancing dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Selain itu, hari kesadaran ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai aparatur negara. Secara eksplisit disebut sebagai Hari Kesadaran Nasional untuk menyadarkan semua warga negara,” ungkap Mahsyar saat memberikan amanat.

Upacara tetap memperhatikan protokol kesehatan meski dari kediaman maupun kantor masing-masing karena diselenggarakan secara daring. Upacara HKN ini diikuti oleh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan tenaga kontrak. (any/mif).

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *