Upacara Hari Kesadaran Nasional, Rektor Ajak Sivitas Kampus Menghayati UUD 1945

Upacara Hari Kesadaran Nasional, Rektor Ajak Sivitas Kampus Menghayati UUD 1945

Humas IAIN Parepare — Sivitas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksankan upacara hari kesadaran nasional, Selasa, 17/9/2019 di pelataran gedung N. Upacara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya.

Tepat pukul 07.00 wita upacara dimulai. Rektor IAIN Parepare, Dr. Ahmad S. Rustan, M. Si bertindak sebagai pembina upacara. Sesuai scedule upacara yang telah diedarkan, pelaksana upacara kali ini dikoordinir oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Dalam amanahnya, Rektor mengajak kepada dosen dan pegawai IAIN Parepare untuk memaknai, menghayati dan mengamalkan beberapa konstitusi yang selalu dibacakan setiap pelaksanaan upacara. Khususnya, Pancasila dan UUD 1945, termasuk Janji Korpri dan Kode Etik Pegawai.

Menurut Rektor, naskah konstitusi tersebut harus lebih dimaknai dan diterjemahkan dalam kehidupan. Memaknai Pancasila dan UUD 1945 akan meningkatkan kecintaan kita kepada negara dan itu wajib bagi setiap warga negara, khususnya bagi para abdi negara (PNS).

Begitu pun dengan Janji Korpri dan Kode Etik Pegawai. Seorang dosen atau pegawai harus memberikan pelayanan yang profesional dan tidak diskriminatif. “Jangan pilih kasih atau diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa atau orang yang membutuhkan”, tegas Rektor.

Rektor juga mengajak dosen dan pegawai untuk hidup sehat dengan memberikan tips yang jitu. Untuk hidup sehat menurut rektor, kita harus berpikir positif dan selalu memberikan apresiasi dan penghargaan kepada orang lain.

Pada akhri upacara, rektor mengumumkan dan memberikan SK kenaikan pangkat kepada sejumlah dosen dan pegawai. Termasuk kepada 2 CPNS Dosen yang dinyatakan lulus pada seleksi CPNS beberapa bulan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *