Variasi Tema Menarik pada Kajian Rutin (Kantin) Prodi Tadris IPS

IAIN Parepare— Di tengah pandemik Covid-19, berbagai kegiatan tetap dilakukan seperti Kajian Rutin (Kantin) Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.

Kajian ini dilaksanakan setiap pekan dengan memanfaatkan jaringan internet. Ketua Prodi Tadris IPS, Ahdar mengungkapkan ditengah pandemik Covid-19 merupakan waktu mahasiswa untuk banyak belajar khususnya membangun wawasan keislaman.

“Selama bulan ramadhan ini saya mengharapkan mereka tidak hanya tidur dan tidak mengikuti kegiatan yang tidak bermanfaat. Mereka melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan walaupun dari mereka sudah banyak yang berasal dari sekolah agama tapi kebanyakan mereka dari sekolah umum makanya mereka harus dibekali kajian keagamaan,” jelasnya.

Berbagai tema diangkat dalam kajian ini, seperti kajian tentang sensitivitas gender oleh Dr. Ahdar, M.Pd.I dan Fawziah Zahra B, M.Pd, perspektif sejarah Islam di tengah pandemi Covid-19 oleh Dr. Musyarif, S.Ag., M.Ag, Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan oleh Budiman, S.Ag., M.H.I dan dakwah virtual dibawakan oleh Dr. Muhammad Qadaruddin, M. Sos.I.

Selain itu, Ahdar juga mengungkapkan akan merambat ke kajian pengetahuan kebahasaan. “Langkah selanjutnya saya akan melakukan kajian rutin yang merambat ke kajian kebahasaan baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris demi membekali mahasiswa dengan pengetahuan kebahasaan. Semoga mereka yang ada di Tadris IPS tetap semangat, ingin maju dan tidak merasa tidak puas dengan ilmu-ilmu yang telah didapatkan,” tambahnya. (Hyn/Mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *