Warek / Waket III PTKIN se- Intim Solid Membina Perilaku Moderasi Mahasiswa

Warek / Waket III PTKIN se- Intim Solid Membina Perilaku Moderasi Mahasiswa

Humas IAIN Parepare — Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, H. Muhammad Saleh sedang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat. Dia sedang mengikuti FGD yang digelar oleh Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua III PTKIN se- Indonesia Bagian Timur.

Kegiatan FGD yang berlangsung selama tiga hari, yaitu 12-14 Maret 2020 difasilitasi oleh UIN Mataram sebagai panitia atau tuan rumah kegiatan. Dalam pesannya melalui whatshapp, H. Muhammad Saleh menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dan sinergisitas Warek/Waket III PTKIN dalam pengembangan dan pembinaan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan.

Menurut H. Muhammad Saleh, dalam forum Fokus Grup Discussion (FGD) Warek/Waket III mengemuka pandangan agar pembinaan mahasiswa lebih difokuskan dan diarahkan kepada pembinaan perilaku mahasiswa yang moderat disetiap kampus PTKIN di Indonesia. “Forum ini menghendaki agar mahasiswa tidak bersikap dan berperilaku intoleran, merasa yang paling benar dan tidak memiliki kepedulian,” tulisnya via pesan whatshapp.

Melalui forum FGD ini, menurut H. Muhammad Saleh, para Warek/Waket III juga membahas mahasiswa penerima program beasiswa Bidik Misi. Mereka bersepakat akan mendorong mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi agar menjadi mahasiswa yang selesai tepat waktu, yaitu 8 semester, sekaligus menjadi mahasiswa yang melejit karena prestasinya dan tauladan karena perilaku moderasinya.

Kegiatan FGD ini diapresiasi oleh Kementerian Agama RI melalui Kasubid Sarpras dan Kemahasiswaan Kementerian Agama RI, Ruhman Basori. “Bargaining yang dibangun melalui forum ini telah mampu menunjukkan lompatan prestasi yang dirasakan manfaatnya langsung oleh mahasiswa dan juga lembaga kemahasiswaan,” kata Ruhman Basori seperti yang kami kutip dari website www.uinmataram.ac.id.

Bahkan Ruhman Basori menyampaikan apresiasi kepada Universitas Islam Negeri Mataram yang telah memprakarsai kegiatan FGD Warek/Waket III se- Indonesia Timur dalam kondisi anggaran yang masih belum jelas namun bukan menjadi penghalang untuk berkreativitas. Selanjutnya, dia mengharapkan agar kegiatan ini bisa melahirkan banyak gagasan dan program prioritas tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *