Workshop Pembelajaran Virtual FUAD Didukung Tim SDM yang Menguasai IT

Workshop Pembelajaran Virtual FUAD Didukung Tim SDM yang Menguasai IT

IAIN PAREPARE– Penutupan Workshop Virtual Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dilaksanakan di Lantai 5 Gedung Perpustakaan IAIN Parepare, Senin (5/10/2020)

Penutupan ini dihadiri Wakil Rektor I bidang APK Dr. Sitti Jamilah Amin, M.Ag, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. H. Abd. Halim K, L.C, M.A, Wakil Dekan I FUAD Dr. Iskandar, M.Si dan peserta workshop.  “Terima kasih kepada peserta workshop yang berkomitmen menghadiri workshop pembelajaran.

Workshop ini bertujuan  menjaga kualitas dan mutu pembelajaran di masa pandemi. Peserta mengikuti workshop selama empat hari, tiga hari offline dan sehari online, link sudah dibagi kepada peserta,” Ketua Panitia Dr. Iskandar. Sehari khusus untuk mahasiswa FUAD yang akan melibatkan kurang lebih 1.200 mahasiswa untuk memperkenalkan sistem pembelajaran virtual berupa Siakad dan Edlink.

Panitia mendesain media pembelajaran menggunakan lightboard menggunakan acrylic bagi dosen yang menyenangi pembelajaran dengan menulis di papan dan penggunaan aplikasi i-Spring dan OBS untuk memproduksi konten video. Setelah workshop, sebanyak 22 dosen telah menyetor konten yang telah diproduksi di lokasi kegiatan dan dosen akan melanjutkan membuat konten tersebut di rumah.

“Workshop ini diikuti 43 orang dosen tetap, 13 orang dosen luar biasa Kita bersyukur selama tiga hari kegiatan imunitas peserta tetap terjamin sehingga selama tiga hari workshop dilakukan secara maksimal dengan produksi konten pembelajaran. Selain itu, kami akan membuat satu ruangan e-learning center untuk melanjutkan produksi konten pembelajaran,” ujarnya.

“Terima kasih kepada Rektor mendukung kegiatan ini karena hal ini menjadi komitmen rektor dalam mendukung pembelajaran jarak jauh,” tambah Dr. Wakil Dekan I Dr. Iskandar.

Setelah laporan ketua panitia, Dekan FUAD memberikan sambutan. “Alhamdulillah, kita berhasil melewati kegiatan ini dengan antusias dan kita mengakhiri kegiatan ini dengan prima. Beberapa ilmu telah kita dapatkan dari pemateri yang ada. Kita akan melaksanakan amanah dengan melaksanakan pengajaran secara virtual,” jelasnya.

“Saya titipkan harapan agar kita mendoakan mahasiswa kita menjadi generasi pelanjut di saat kita sudah menutup mata. Dengan apa yang kita lakukan tiga hari, tetap kita  lanjutkan dengan mengharap hasil maksimal,” harap Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. H. Abd. Halim K, L.c M.A.

Setelah sambutan Dekan, Wakil Rektor I memberikan sambutan dan menutup kegiatan. “Kami melakukan review terhadap kegiatan ini, dan ke depan  tim teaching melakukan tutor sebaya bagi dosen-dosen lain. Selanjutnya, rencana membuat e-learning center perlu dilakukan koordinasi dengan LPM yang akan melakukan workshop menghasilkan konten-konten pembelajaran. Saya mengapresiasi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah memiliki banyak SDM dalam IT,” tutup Wakil Rektor I Dr. Sitti Jamilah Amin. (mif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *