Workshop Tunas Integritas, Peserta diharap Jujur dan Berkarakter

Workshop Tunas Integritas, Peserta diharap Jujur dan Berkarakter

HUMAS IAIN Parepare— Upaya untuk mendorong  para pejabat berkomitmen  jujur dan berkarakter ditempuh melalui workshop tunas integritas. Kegiatan yang diikuti puluhan pejabat lingkup IAIN Parepare ini berlangsung di lantai 5 gedung Perpustakaan IAIN Parepare, Selasa (17/12/19).

Mengundang dua fasilitator dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Asep Chaeruloh dan Ryan Herviansyah Utama. Selama tiga hari, para peserta workshop akan diberikan berbagai materi yang menunjang mewujudkan Tujuan Nasional (Tunas) Integritas.

Tunas merupakan tahapan awal untuk membagun Sistem Integritas Organisasi dalam kerangka Sistem Integritas Nasional (SIN) melalui pembentukan orang-orang pada jabatan strategi yang akan diberdayakan dalam mencontohkan  keteladanan internal.

Salah satu fasilitator, Asep Chaeruloh mengungkapkan integritas harus diperjuangkan.

“Tunas itu singkatan tujuan nasional. Nah, tujuan nasional ini harus diraih secara berintegritas dan integritas itu penuh perjuangan dan tidak akan pernah selesai karena kita akan belajar terus modus-modus dan berbagai penyimpangan dan sebagainya itu selalu tampil dengan hal baru,” jelasnya.

Asep juga menerangkan membangun budaya integritas dengan pendekatan budaya harus dilakukan oleh semua elemen secara bersama-sama dan harus berkelanjutan serta pentingnya keteladanan.

“Perlu keteladanan oleh para pimpinan, jadi bukan hanya pimpinan tapi para pimpinan. Bukan individu tapi semua sistem kepemimpinan,” tambahnya.

Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan berharap peserta dapat mengikuti dengan baik.

“Kegiatan ini saya harapkan kita semua mengikuti dengan baik bisa mengikuti secara continue dan itu adalah salah satu penilaian. Karena integritas itu adanya konsistensi antara tindakan-tindakan, metode, nilai, antara prinsip-prinsip sehingga orang yang berintegritas adalah orang yang jujur dan memiliki karakter yang kuat,” ucapnya sebelum membuka kegiatan.(hyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *