Ahmad DZul Ilmi, Dosen FEBI IAIN Parepare Raih Gelar Doktor di UMI Makassar

Ahmad DZul Ilmi, Dosen FEBI IAIN Parepare Raih Gelar Doktor di UMI Makassar

IAIN Parepare–Kamis, (15/07/22), Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali melaksanakan ujian terbuka promosi doktor. Pada kesempatan tersebut, Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin yang merupakan mahasiswa Strata Tiga Ilmu Manajemen pada Program Pascasarjana UMI dan juga sebagai Dosen Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Parepare mempertahankan hasil penelitian disertasinya secara terbuka di Ruang Seminar Gedung Pascarsarjana UMI.

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin langsung oleh Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E., M.Si., selaku ketua sidang, Prof. Dr. H. Salim Basalamah, S.E., M.Si., bertindak sebagai promotor dan tim penguji yaitu Prof. Dr. Baharuddin Semmaila, Prof. Dr. Hj. Jeni Kamase, S.E., M.Si., Dr. H, Amir Mahmud, S.E., M.Si., Dr. Suriyanti, S.E.,M.M. serta tim penguji eksternal Prof. Dr. H. Veithzal Rival, S.E., M.M.,M.B.A., dan Dr. H. Reza Aril Ahri, S.K.M.,M.Kes . Dalam penelitian disertasinya, promovendus mengangkat bauran pemasaran dan sikap religiusitas sebagai objek formal penelitiannya. Adapun judul disertasinya adalah “Pengaruh Bauran Pemasaran, Religiusitas, Sertifikasi Halal terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Produk Makanan Beku pada Pasar Swalayan di Kota Makassar” dinyatakan lulus oleh Dewan Penguji dengan predikat Sangat Memuaskan.

Penelitian tersebut merupakan penelitian kuantitatif bidang ekonomi dengan menggunakan kuesioner terhadap 125 responden, yang ditunjang penelitian empirik dalam memperoleh data. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa: pertama, variabel religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian makan beku. Dalam pemaparannya saat diuji, promovendus mengungkapkan bahwa walaupun penduduk Kota Makassar adalah mayoritas muslim dengan tingkat religiusitas yang sangat baik, namun hasil penelitian di lapangan tidak banyak memengaruhi keputusan pembelian makanan beku (frozen food). Konsumen muslim tidak akan membeli makanan beku apabila mereka tidak berminat sekalipun makanan tersebut halal. Pada umumnya, konsumen muslim memahami bahwa mereka hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan halal saja.

Kedua , religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli makanan beku pada pasar swalayan di Kota Makassar. Ketika konsumen hendak memutuskan untuk membeli suatu produk dari merek tertentu, mereka melibatkan minat sebelum mengambil keputusan pembelian. Tingkat religiusitas konsumen akan memengaruhi minat konsumen untuk membeli makanan beku apabila kehalalannya terjamin.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan civitas akademika IAIN Parepare mengucapkan selamat kepada Dr. Ahmad Dzul Ilmi, M.E. Semoga gelar dan ilmu yang telah diperoleh dapat membawa manfaat konstruktif bagi dunia pendidikan secara khusus di kampus hijau toska, dan bangsa Indonesia secara umum

“Terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada rektor IAIN Parepare dan segenap jajarannya yang telah memberikan dukungan penuh, sumbangsi, dan motivasi sehingga saya dapat melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Muslim Indonesia Makassar. Semoga ke depannya dosen di IAIN Parepare yang bergelar doktor semakin bertambah dan tetap mendapat dukungan penuh dari pimpinan sehingga kualitas SDM dosen dapat meningkat,” harapnya via WhatsApp.(Mhy/tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *