IAIN Parepare Berhasil Cetak Lulusan asal Thailand

13 مارس, 2023 بواسطة
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare gelar wisuda dengan jumlah peserta 874 di gedung Auditorium, Sabtu (11/03/2023). Menariknya, pada momentum wisuda kali ini IAIN Parepare berhasil mencetak lulusan mahasiswa asing asal Thailand Selatan (Pattani) atas nama Saadah Hayida-o . 

Saadah Hayida-o merupakan anak pertama dari pasangan suami istri Abdul Rahim Hayida-o yang berprofesi sebagai tukang batu, dan Sapuroh Hayida-o seorang penjual kue. 

Perempuan Thailand ini lahir pada 7 Oktober 1999. Ia mengawali sekolahnya di SD Ban Berue School dan SMP-SMA Watthanatham Islam School . Pada Tahun 2018, Saadah resmi menjadi Mahasiswa IAIN Parepare Fakultas Tarbiyah, Prodi Pendidikan bahasa Inggris. Ia menjadi peserta wisuda periode Maret dengan IPK 3, 88 dengan masa studi empat tahun enam bulan.

" Saya sangat tertarik dengan budaya dan bahasa yang berada di Indonesia. Begitu juga dengan kampus IAIN Parepare yang memiliki berbagai program studi dan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Alhamdulillah, saya mendapatkan beasiswa hingga saya dapat melanjutkan kuliah di IAIN Parepare. Saya bisa menyelesaikan studi dan bisa mencapai impian saya," ujarnya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yg telah diberikan oleh pihak kampus yang memberikan kesempatan untuk kuliah di IAIN parepare," tuturnya.

"Saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Mulai beradaptasi dengan lingkungan kampus, bahasa, dan budaya yang sangat unik. Meskipun, awalnya mungkin sulit bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan di sini. Tetapi, saya mencoba untuk mempelajarinya. Itu membuat saya merasa tertarik dan ingin mempelajari lebih banyak. Terutama keunikan bahasa dan budaya suku Bugis. Saya selalu bersemangat untuk mempelajarinya dan saya terkesan dengan sambutan yang luar biasa dari dosen dan teman-teman saya," tambahnya. 

"Terima kasih telah membantu dan mendukung saya dalam segala hal yang membuat saya dapat menyelesaikan studi saya dengan baik. IAIN Parepare akan selalu menjadi kenangan indah bagi saya," tutupnya. (shz/mif)

Ahmad Zuhudy Bahtiar 13 مارس, 2023