Pidato Rektor, Sarat Pesan-Pesan Sosial kepada Wisudawan

25 Maret, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare — Pidato Rektor, Ahmad Sultra Rustan pada acara wisuda lulusan sarjana dan magister IAIN Parepare periode pertama tahun akademik 2021 sarat dengan pesan-pesan sosial bagi para wisudawan, Rabu, 24/3/2021. Pesan-pesan tersebut sangat bermakna bagi wisudawan dalam menjalani kehidupan sosialnya di tengah-tengah masyarakat.


“Anak-anakku para wisudawan dan wisudawati, kampus ini telah memberikan dan membekali ilmu yang cukup kepada kalian. Pergunakan sebaik-baiknya dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan yang begitu cepat menuntut kalian agar bisa berakselerasi pada setiap perubahan yang terjadi di sekitar kita,” urai Rektor dihadapan wisudawan.

“Anak-anakku para alumni harus dapat memahami bagaimana hidup dan bersikap moderat di tengah-tengah masyarakat yang majemuk. Jangan terjebak dalam pemikiran dan sikap yang ekstrim dan radikal. Alumni IAIN Parepare harus hidup moderat, karena kalian diajarkan di kampus ini pemikiran-pemikiran yang moderat dalam kehidupan beragama maupun berbangsa”.

“IAIN Parepare mengembangkan kehidupan moderasi. Pintu gerbang sengaja didesain dan diberikan nama Gerbang Moderasi sebagai simbol bahwa kehidupan di dalam kampus menjunjung tinggi perbedaan dan mengedepankan toleransi. Artinya semua orang yang melalui pintu Gerbang Moderasi, maka pemikiran dan tindakannya harus moderat, tidak provokatif sehingga kehidupan kampus terasa damai”, paparnya.

Anak-anakku para alumni, lanjut pidato Rektor yang retorik, sekarang ini kalian hidup di era milenial. Pengembangan dan pergerakan ilmu pengetahuan sangat cepat. Maka saya berpesan kepada kalian agar selalu meng-update pengetahuan kalian agar tidak ketinggalan zaman. Lanjutkanlah pendidikan kalian ke jenjang S2 atau program doktor”.

“Di kampus kita ini, ada Pascasarjana program magister (S2) dengan biaya yang tidak berubah dan cukup murah dibandingkan Pascasarjana lain. Manfaatkanlah itu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 bagi anak-anakku yang baru menyelesaikan pendidikannya pada program sarjana (S1).”

“Dan juga mohon doanya, semoga dalam waktu yang tidak begitu lama lagi, izin membuka program Doktor (S3) dapat dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga, alumni program magister (S2) dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat doktor di IAIN Parepare,” papar Rektor yang disambut tepuk tangan dari peserta wisuda.

Pada bagian akhir pidatonya, Rektor berpesan khusus agar para alumni menjadi sarjana yang Malebbi’ Warekkadana Makkiade’ Ampena. “Sebagai alumni IAIN Parepare, anak-anakku harus mengedepankan tata krama dan sopan santu dalam bermasyarakat. Jadilah sarjana yang bertutur kata yang baik. Sarjana yang memberikan pencerahan di tengah-tengah masyarakat. Bukan sarjana yang menyebar hoax dan provokator. Jadilah sarjana yang makkiade’ ampena, sopan dalam berperilaku dan menjadi contoh di masyarakat,” tutur Rektor.

di dalam Berita
webadmin1 25 Maret, 2021