Buku Kolaborasi & Elaborasi dalam Pembelajaran Karya Dr Herdah

Buku Kolaborasi & Elaborasi dalam Pembelajaran Karya Dr Herdah

IAIN Parepare— Pembelajaran yang menggunakan model kolaborasi dan elaborasi memberikan kesempatan kepada dosen untuk memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan kegairahan mahasiswa dalam belajar. Hal tersebut menjadi salah satu alasan seorang dosen IAIN Parepare, Dr. Herdah menulis sebuah buku yang berjudul Kolaborasi dan Elaborasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

ISBN 978-623-6622-21-6

Menurutnya, proses pembelajaran belum optimal dikarenakan dua hal. “Proses pembelajaran bersifat informatif, belum diarahkan ke proses aktif pembelajar untuk membangun sendiri pengetahuannya dan proses pembelajaran berpusat pada guru belum diarahkan ke pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,” jelasnya.

Model pembelajaran kolaborasi dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan interaktif yang tergambar dalam pola interaksi belajar mahasiswa dalam kelompok dan terjalinnya kemitraan antara mahasiswa dan dosen dalam dimensi akademik.

Dr Herdah yang juga menjabat Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare berharap dengan adanya buku ini, pembaca dapat menumbuhkan suasana kebersamaan dan keterbukaan selama berlangsungnya pembelajaran.

“Mahasiswa memperoleh bimbingan untuk observasi, mengklafirikasi, memprediksi dan mengkomunikasikan ide dan gagasannya untuk menganalisis dan memecahkan masalah berdasarkan konsep yang sudah dimiliki,” jelasnya.

Buku yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Nusantara Press ini membahas berbagai hal mulai dari model pembelajaran kolaborasi dan elaborasi, model pembelajaran bahasa, sikap dalam pembelajaran bahasa Arab, model kolaborasi dan Elaborasi dalam pembelajaran bahasa Arab, dan masih banyak lagi. (Hyn/Mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *