CPNS IAIN Parepare Ikuti Sosialisasi Aplikasi MOOC Latsar secara Daring

CPNS IAIN Parepare Ikuti Sosialisasi Aplikasi MOOC Latsar secara Daring

IAIN Parepare Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 IAIN Parepare sebanyak 34 orang mengikuti kegiatan sosialisasi Aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) yaitu suatu aplikasi yang disediakan oleh LAN-RI untuk pelatihan mandiri secara daring dalam rangka persiapan Latihan Dasar (Latsar) CPNS yang akan dilaksanakan secara blended learning .

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan (BDK) Makassar, Kamis (15/07/2021) secara daring melalui aplikasi zoom meeting dengan peserta yang berasal dari berbagai instansi dan satuan kerja Kementerian Agama di Wilayah Sulawesi Selatan, termasuk IAIN Parepare.

Kebijakan blended learning merupakan suatu kebijakan yan ditempuh untuk menghindari penyebaran covid-19, yaitu kegiatan pelatihan yang mengintegrasikan antara pola pembelajaran mandiri secara daring melalui MOOC, pembelajaran kolaboratif secara distance lerning yang terdiri dari e-learning dan aktualisasi di tempat kerja, dan pembelajaran klasikal yang dilaksanakan di kelas secara luring untuk mencapai kompetensi yang tidak dapat dicapai pada pembelajaran mandiri dan kolaboratif.

Narasumber sosialisasi yang juga sebagai Analisis Kebijakan Ahli Pertama LAN RI Amelia menjelaskan tujuan kebijakan pembelajaran dan gambaran umum proses Latsar. “Kebijakan MOOC adalah kebijakan baru yang belum pernah diterapkan pada kegiatan LATSAR sebelumnya, nantinya CPNS dituntut untuk memenuhi kompetensi secara mandiri dan dilakukan secara terintegrasi online dan offline,” jelas Amelia. (da)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *