Dirjen Pendis Bahas pentingnya Akselerasi Guru Besar pada Forum Rektor

Dirjen Pendis Bahas pentingnya Akselerasi Guru Besar pada Forum Rektor

Humas IAIN Parepare (Malang)— Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia menjadikan isu akselerasi guru besar sebagai tema pertemuan kali ini di gedung rektorat lantai 5 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Kota Malang.(15/07).

Rektor IAIN Parepare bersama 40 Pimpinan PTKIN hadir pada kegiatan tersebut, forum rektor ini juga dihadiri  oleh Dirjen Pendis Prof.Phil.Kamaruddin Amin, MA, Dalam rangka penguatan PTKIN.

Sejumlah persoalan yang dibahas pada forum rektor, namun tema yang paling mendesak untuk dibahas adalah mengenai persoalan akselerasi Lektor Kepala untukmenjadi Guru besar .

Dirjen pendis dalam arahannya, mengimbau kepada pimpinan PTKIN agar bersama-sama memantau dalam memilih guru besar yang benar-benar akademisi  dengan kualitas yang menjanjikan. “kita berkomitmen bahwa dalam pemilihan guru besar tidak akan merobek atau menjatuhkan kualitas guru besar”. Sehingga perlunya peningkatan penelitian dan pengabdian dosen PTKIN.

Berbagai persoalan mengenai percepatan guru besar yang muncul, saat dialog interaktif dalam forum rektor. Seperti sulitnya untuk menjadikan lektor kepala segera menjadi guru besar karena berbentur pada aturan tentang kewajiban dosen untuk melakukan publikasi internastional terindex scopus.  

Padahal di PTKIN Dosen lebih aktif pada pengabdian namun kurang pada indeks scopus. Sehingga kedepan diharapkan guru besar berbasis pengabdian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *