Donorkan Darah, Wakil Dekan AUPK FEBI: Setetes Darah Bermanfaat bagi Sesama

Donorkan Darah, Wakil Dekan AUPK FEBI: Setetes Darah Bermanfaat bagi Sesama

Humas IAIN Parepare— Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula IAIN Parepare, Kamis, 25 April ramai di datangi para sukarelawan donor darah. Peserta donor darah datang dari civitas akademika kampus, baik mahasiswa, pegawai, dosen, dan beberapa pejabat kampus. Nampak dalam jejeran pendonor, hadir Wakil Dekan bidang AUPK, Yasin Soumena bersama pejabat lainnya seperti Kasubag Akademik, Sunandar, Kepala UPT TIPD, Sufyaldi, Ketua Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana, H. Rahman Ambo Asse, Ketua Prodi PAI Pascasarjana, Ali Halidin dan beberapa pegawai dan dosen dalam lingkup kerja IAIN Parepare.

Kedatangan Yasin Soumena di tempat donor darah disambut hangat oleh pengurus KSR PMI unit 01 IAIN Parepare selaku pelaksana kegiatan. Pria yang selalu tampil semangat ini mengaku sebagai pendonor yang rutin dan telah memiliki kartu indentitas pendonor darah yang dikeluarkan oleh UTD PMI kota Parepare. “Sudah lama, saya menjadi anggota aktif pendonor darah melalui Palang Merah Indonesia di Parepare. Donor darah itu sangat bermanfaat, bukan saja untuk orang lain, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita pribadi. Setetes darah itu sangat bermanfaat untuk kemanusiaan. Kita menolong orang lain, sekaligus menyehatkan diri kita pribadi” katanya saat dihubungi. “Rutin untuk donor darah itu penting, sehat dan beramal, setetes darah bagi sesama” tambahnya. Beliau juga berharap peserta donor darah di IAIN Parepare terus bertambah, sehingga kontribusi dan sumbangsinya terhadap persediaan darah siginifikan jumlahnya, khususnya untuk kota Parepare.

Indonesia termasuk negara berkebutuhan tinggi terhadap darah. Berdasarkan berita yang dirilis media Tempo.co, April 2018, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo menyatakan Indonesia membutuhkan 5,1 juta kantong darah setiap tahun. Sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, unit transfusi darah yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun daerah, rumah sakit serta Palang Merah Indonesia disarankan memperluas akses layanan kepada masyarakat. Harapannya, layanan terhadap masyarakat yang ingin donor membaik, serta kebutuhan volume darah terpenuhi.

Kegiatan Donor Darah ini merupakan program rutin sekali dalam tiga bulan yang diselenggarakan pengurus KSR PMI Unit 01 IAIN Parepare bekerjasama dengan pengurus UTD PMI kota Parepare. Hal tersebut disampaikan Ketua KSR PMI Unit 01 Parepare, Mulia Gading saat dimintai keterangannya. “Kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan setiap sekali dalam tiga bulan.  Sebagai satuan unit Palang Merah Indonesia, kami berkomitmen untuk melakukan kerja-kerja kemanusiaan, khususnya dalam penyediaan darah bagi sesama. Target kami, sekitar 70 – 100 kantong setiap kali pelaksanaan donor darah di kampus ini.” Pungkasnya. (s.s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *