Dorong Kualitas Akademik Melalui Program Sabbatical Leave (Professor Exchange)

Dorong Kualitas Akademik Melalui Program Sabbatical Leave (Professor Exchange)

Humas IAIN Parepare — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengikuti Program Sabbatical Leave (Professor Exchange) tahun 2019. Program ini digelar oleh Ditjen Pendis Kementerian Agama RI. IAIN Parepare ditetapkan sebagai salah satu objek / lokasi pelaksanaan program tersebut.

Hari ini, Sabtu, 2/11/2019, Rektor IAIN Parepare, Ahmad S. Rustan bersama jajarannya menerima dan menyambut, Prof. Dr. Dedi Djubaidi, M. Ag selaku professor yang ditugaskan sebagai peserta Program Sabbatical Leave di IAIN Parepare. Acara penyambutan ini berlangsung di gedung Perputakaan Lt. 5.

Dalam acara penyambutan tersebut, Rektor mengaku senang atas kehadiran Prof. Dr. Dedi Djubaidi, M. Ag., di kampus IAIN Parepare. Rektor menyebut jika professor yang menjadi tamunya ini sudah tidak asing lagi di lingkungan Kementerian Agama RI, khususnya di PTKIN. “Beliau adalah mantan Rektor IAIN Ambon tahun 2008-2011, mantan Direktur Madrasah Pendis Kemenag, Mantan Kepala Puslitbang Kemenag, dan sekarang menjadi Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cerebon”.

“Professor adalah inspiring for us” kata Ahmad S. Rustan setelah mendengar sambutan dari Dedi Djubaidi. Rektor beserta jajaran pejabatnya merasa takjub dengan berbagai pengalaman dan motivasi hidup sang Professor. Dedi Djubaidi mengenalkan dirinya kepada pimpinan IAIN Parepare dengan menceritakan pengalamannya, khususnya ketika menjabat sebagai Rektor IAIN Ambon.

Dedi Djubaidi menceritakan pengalamannya dengan gayanya yang santai dan humoris tetapi sarat makna dan motivasi. Sehingga suasana pertemuan begitu cair, santai dan berlangsung penuh keakraban. Dan dari gaya bahasa itu juga lah, Ahmad S. Rustan menebak, jika Dedi Djubaidi ini berasal dari pesantren Gontor. Ternyata mereka berdua satu alumni. Jadilah mereka bernostalgia. Mereka reuni bertiga bersama Dekan Fakultas Tarbiyah, Saefudin yang juga alumni Gontor.

Kehadiran Prof. Dr. Dedi Djubaidi di kampus IAIN Parepare untuk melaksanakan Program Sabbatical Leave. Ada 4 program yang akan dilaksanakan yaitu mengakselerasi guru besar, penulisan jurnal ilmiah, pendampingan program akreditasi, dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kita akan melaksanakan berbagai program yang dapat mendorong peningkatan kualitas akademik,” kata Wakil Rektor Bidang APK, Sitti Jamilah Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *