Dosen Beda Kampus, Kolaborasi Menulis 2 Buku

Dosen Beda Kampus, Kolaborasi Menulis 2 Buku

IAIN Parepare— Dosen sebagai pendidik yang profesional dengan tugas tridharma perguruan tinggi termasuk mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menulis.

Berbagai hasil tulisan dapat dipublikasikan baik secara online maupun offline misalnya menerbitkan buku. Seperti salah satu dosen fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare Musmulyadi yang berkolaborasi dengan empat dosen beda kampus yakni Erwin dari Universitas Sulawesi Barat, Irnawati dari Univeritas Negeri Malang, Safrida dan Nurlina dari Sekolah Tinggi Ekonomi Amkop Makassar.

Kolaborasi menulis tersebut menghasilkan dua buku yakni Komunikasi Bisnis dan Manajemen Pengambilan Keputusan.
Musmulyadi mengungkapkan kedua buku tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan open minded serta mengabadikan gagasan dalam lingkup manajemen baik soal pengambilan keputusan maupun komunikasi bisnis.

“Kami mengharapkan buku ini bukan hanya menjadi referensi dalam dunia akademik tapi juga masyarakat pada umumnya. Selanjutnya ke depan kami terus berusaha, berinovasi, berkarya, dan berkreasi dalam mewujudkan tatanan tridharma perguruan tinggi,” jelas Musmulyadi.

Sementara Syafrida mengungkapkan salah satu alasan ikut menulis dalam buku tersebut selain karena latar belakang keilmuan yang sama dalam bidang manajemen, juga untuk membangun jaringan dengan dosen-dosen di luar dari perguruan tinggi homebasenya. Ia berharap hasil kolaborasi tersebut dapat menginspirasi dan memberi pelajaran bukan hanya dalam kalangan akademisi tapi juga secara umum.

Hal senada juga disampaikan oleh Erwin. “Sekarang ini bukan lagi istilah bersaing tapi berkolaborasi, sehingga dalam meningkatkan mutu akademik perguruan tinggi dosen-dosen pun diharapkan mampu berkolaborasi untuk menciptakan karya yang bermanfaat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,” jelasnya, Rabu (16/12). (hyn/mif).

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *