Enam Lokasi PPL, Salah Satunya di Thailand

Enam Lokasi PPL, Salah Satunya di Thailand

Humas IAIN Parepare-Sebanyak 411 mahasiswa dari delapan program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Kegiatan yang dibuka Kamis (21/10) ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan Fakultas Tarbiyah, Wakil Dekan 1 Tarbiyah, panitia, dan DPL di ruang seminar Fakultas Tarbiyah.

Ketua Panitia, Ahdar mengungkapkan kegiatan pembekalan PPL ini dilaksanakan secara online dan offline. Hal ini dilakukan mengingat pembekalan PPL masih dilakukan dalam kondisi pandemi.

“Tujuh program studi yakni PBI, PAI, PBA, Tadris Matematika, Tadris IPS, PIAUD, Tadris IPA akan melakukan pengajaran secara daring dan luring. Sedangkan Prodi MPI akan melaksanakan PPL dalam bentuk magang,” jelasnya.

Adapun jangka waktu pelaksanaan PPL dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 22 Oktober sampai 22 November 2021 di beberapa lokasi yaitu Kabupaten Pinrang, Sidrap, Barru, Enrekang, Parepare dan 1 berlokasi di Thailand.

Dalam kegiatan pembukaan, Wakil Rektor 1 IAIN Parepare, Sitti Jamilah Amin berharap agar mahasiswa PPL bisa menjaga nama baik almamater.

“Mahasiswa PPL menjadi duta prodi, fakultas, dan institut dalam memperkenalkan wajah IAIN Parepare kepada sekolah atau madrasah di masing-masing daerah yang menjadi tempat ber-PPL,” ungkapnya.

Selain itu, Wakil Rektor I berharap agar pendaftaran dan seleksi berkas calon peserta PPL tahun berikutnya sudah terintegrasi dengan Sisfo (Sistem Informasi) kampus guna memudahkan sinkronisasi data untuk kebutuhan semisal kebutuhan akreditasi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Saepudin mengatakan bahwa PPL dilaksanakan selama 1 bulan dengan asumsi mahasiswa mengajar atau melaksanakan administrasi minimal 6x untuk memenuhi beban 4 SKS yang merupakan core bisnis Fakultas Tarbiyah yang harus diseimbangkan dengan pelaksanaan di lapangan dan sebagai bentuk tagihan berupa output(laporan PPL) serta outcome (video kegiatan PPL dan artikel ilmiah).

“Pelaksanaan PPL bukan hanya sekedar melaksanakan kewajiban, tetapi ilmu yang diperoleh di kampus dipraktekkan dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing lapangan PPL,” jelasnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah juga berharap agar peserta PPL menunjukkan sikap tawadu, menjaga kode etik berpakaian, bertutur, dan bertingkah laku.

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *