FAKTAR Laksanakan Pembekalan dan Pelepasan PPL Secara Virtual

FAKTAR Laksanakan Pembekalan dan Pelepasan PPL Secara Virtual

IAIN Parepare– Fakultas Tarbiyah melaksanakan kegiatan Pembekalan dan Pelepasan mahasiswa PPL Tahun 2021, Rabu (05/05/2021) secara virtual.

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diikuti oleh 35 orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Arab.

Rangkaian kegiatan pembekalan PPL dimulai dengan acara pembukaan yang dihadiri Wakil Rektor I IAIN Parepare Dr. Sitti Jamilah Amin, M.Ag.

Wakil Rektor I menyampaikan arahan dan kebijakan pelaksanaan PPL selama pandemi. Ia berharap agar mahasiswa benar mampu mengaplikasikan semua materi yang telah didapatkan pada bangku perkuliahan dan menjaga nama baik institusi selama proses pelaksanaan PPL.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Saepuddin juga memberikan sambutan dan menyatakan berbagai harapan kepada mahasiswa selama melaksanakan PPL.

Pembekalan PPL berlangsung pada pukul 08.00 – 16.00 wita. Mahasiswa menerima 5 materi, antara lain: Materi 1, Arah dan Kebijakan PPL selama masa pandemi dibawakan oleh Warek I IAIN Parepare, materi 2, Etika ber-PPL dibawakan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, materi 3 Panduan Pelaksanaan dan Pelaporan PPL dibawakan oleh Ibu Hasmiah Herawaty, M.Pd, materi 4 Standar Penulisan Artikel Ilmiah dan Teknik Submission via OJS dibawakan oleh Dr. Ahdar, M.Pd.I sekaligus sebagai Ketua Panitia Pelaksana dan materi 5 Desain Video Pembelajaran dan Teknik Upload via Youtube dibawakan oleh Haramain, M.Sos.I.

Program ini direncanakan berlangsung dari tanggal 06 – 28 Mei 2021 dan terlaksana di beberapa kabupaten/kota, meliputi Parepare, Sidrap, Pinrang, Barru, Majene, dan Polewali Mandar. Mahasiswa akan melaksanakan PPL pada berbagai jenjang pendidikan, mulai SD, SMP/MTs, DAN SMK.

Selama melaksanakan PPL, mahasiswa Fakultas Tarbiyah akan didampingi oleh 5 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan panitia yang juga bertindak selaku pendamping kelompok PPL.

Adapun luaran yang diharapkan setelah pelaksanaan PPL ini adalah mahasiswa mampu menyusun laporan PPL, menulis artikel ilmiah dengan men-submit pada jurnal ilmiah, serta membuat video pembelajaran. Mengingat pada tahap ini PPL dilaksanan dengan dua model, yaitu daring dan luring. Mahasiswa diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan segala kondisi sekolah untuk mengaplikasikan ilmu pendidikan melalui PPL. (Aras/Mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *