Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Melaksanakan Perkampungan Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Melaksanakan Perkampungan Bahasa Inggris

IAIN Parepare— Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan Perkampungan Bahasa Inggris. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah pada tanggal 13 s.d. 15 Agustus 2021, di gedung Tarbiyah lantai 3. Kegiatan yang dinamai Annual English Camp of Tarbiyah Faculty 2021 ini mengusung tema “Go Beyond Your Limit, Upon the Independence Day”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 48 orang, terdiri dari mahasiswa semester 2, 4, dan 6. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib. Panitia dan peserta tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan. Selain itu, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menghindari kerumunan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris khususnya dalam aspek berbicara (Speaking). “Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris,” ujar Munawir selaku ketua panitia.

Selain meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, Munawir juga menambahkan bahwa kegiatan Perkampungan Bahasa Inggris sebagai ajang untuk meningkatkan semangat belajar di tengah pandemi.

Pada kesempatan tersebut Munawir mengapresiasi kecakapan peserta karena mampu berbicara selama 3-6 menit menggunakan bahasa Inggris.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Saepudin menambahkan bahwa semua peserta diharapkan bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Kegiatan tersebut juga diharapkan akan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar dan menggunakan bahasa Inggris.

Sementara Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Mujahidah mengatakan kegiatan ini dicanangkan akan dilakukan setiap tahun karena terkait kebutuhan mahasiswa.

“Sangat mngharapkan untuk yang akan datang dilakukan lebih baik lagi dan lebih banyak lagi dananya agar kita bisa melaksanakan dengan maksimal. Bukan berarti tahun ini tidak mencapai target namun sangat terbatas dari segala lini, baik itu peserta maupun fasilitasnya. Mestinya kegiatan ini skalanya nasional atau paling tidak regional tapi karena kondisi yang tidak memungkinkan sehingga demikian adanya,” ungkap Mujahidah.

Kegiatan Perkampungan Bahasa Inggris ditutup dengan acara perlombaan. Terdapat dua cabang lomba yakni lomba Speech dan Describing Picture. Pelaksanaan lomba ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta sebagaimana yang diharapkan oleh Ketua Panitia dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare.

“Menurut saya lomba speech dan describing picture sangat membantu meningkatkan kemampuan speaking peserta English Camp karena kita dilatih untuk berbicara di depan umum menggunakan bahasa Inggris yang baik,” tutur Kadar selaku peserta English Camp.

Selanjutnya, Kadar menambahkan bahwa dengan selesainya English Camp tersebut, para peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari kegiatan tersebut.

“Alhamdulilllah, kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang ditargetkan oleh panitia pelaksana. Namun, masih ada beberapa poin-poin yang harus disempurnakan. Salah satunya adalah proses perekrutan peserta yang seharusnya lebih masif dan merata. Hal ini dikarenakan program Annual English Camp ini, dilaksanakan di bawah otoritas Fakultas Tarbiyah,” ungkap Mr. Sardi selaku Ketua Tim Tutor AEC. (15/08/21) (Ars/Tin)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *