FEBI IAIN Parepare Gelar Workshop Metode Penelitian Bibliometric

FEBI IAIN Parepare Gelar Workshop Metode Penelitian Bibliometric

Humas IAIN Parepare- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kembali menggelar workshop dalam penguatan Tridharma perguruan tinggi bagi dosen, khususnya terkait dengan metode penelitian. Dalam kegiatan workshop penulisan berbasis kualitatif dengan metode Bibliometric/literature review Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang dilaksanakan, Selasa (16/11/2021) di Lantai 4 Perpustakaan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag, dihadiri pula dosen-dosen lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sekaligus sebagai peserta. Workshop kali ini diikuti 60 peserta.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber kompeten bertaraf internasional, Dr. Aditya Halim Perana Kusuma Putra, S.E, M.M yang merupakan dosen pada Universitas Muslim Indonesia. Ia menulis lebih dari 30 artikel bereputasi terindeks Scopus dan Wos. Ia juga sebagai review jurnal internasional Q1 dan Q2, juga jurnal terakreditasi nasional.

Salah satu tugas seorang dosen adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kompetensi tenaga dosen dalam melaksanakan penelitian, maka dibutuhkan suatu pemahaman tentang analisis data kualitatif berbasis aplikasi. Oleh karena itu, panitia pelaksana menyelenggarakan kegiatan workshop metode penelitian berbasis aplikasi dengan metode bibliometric.

Metode bibliometric biasanya digunakan dalam pendekatan kuantitatif untuk menganalisis data bibliografi yang ada di artikel/jurnal. Analisis ini biasanya digunakan untuk menyelidiki referensi artikel ilmiah yang dikutip dalam sebuah jurnal, pemetaan bidang ilmiah sebuah jurnal, dan mengelompokkan artikel ilmiah yang sesuai dengan suatu bidang penelitian. Namun, kali ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan informasi mengenai subyek-subyek penelitian maupun pengukuran terhadap literatur dengan menggunakan pendekatan statistik.

Kegiatan workshop ini mengarahkan peserta untuk membangun konsep penelitian yang berbeda dengan memanfaatkan software/aplikasi untuk memudahkan dalam penulisan artikel penelitian yang akan dipublish baik itu jurnal internasional maupun nasional yang bereputasi. Penggunaan software tersebut, diantaranya Publish or Perish (PoP), Mendeley, dan VOS Viewer.

Ketua panitia Dr. Nurfadhillah, M.M berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan membuat dosen lebih giat dalam melakukan penelitan sebagai kewajiban dosen dalam tridharma perguruan tinggi. Kegiatan workshop ini diharapkan dapat membawa perubahan dalam waktu singkat serta dapat memunculkan dosen yang terampil dalam melakukan analisis data kualitatif. Workshop ini didesain untuk meningkatkan kemampuan dalam dosen dalam melakukan penelitian sebagai kewajiban dalam tridharma perguruan tinggi,” ungkap Ketua Panitia. (A.Rio/Mif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *