Gelar Workshop Kewirausahaan, Dekan FEBI Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Gelar Workshop Kewirausahaan, Dekan FEBI Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Humas IAIN Parepare-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kembali menggelar kegiatan Workshop Kewirausahaan Program Studi Perbankan Syariah di ruang seminar perputakaan lt. 5, Selasa (21/09/21).

Workshop ini diikuti sebanyak 56 mahasiswa dari Program Studi Perbankan Syariah.
Guna menguatkan bekal kewirausahaan pada mahasiswa.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari pembentukan lulusan terutama wirausahawan, ditambah lagi kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin fakultas setiap tahunnya.

“Harapan kita, mahasiswa bisa memiliki jiwa-jiwa bisnis, bukan hanya berorientasi menjadi pegawai bank saja, tetapi juga bisa menjadi pengusaha,” terang Kamal.

Menurut Kamal, melalui workshop ini mahasiswa bukan hanya dibekali untuk mencari pekerjaan, tetapi juga dibekali cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi mahasiswa yang ingin mendirikan perusahaan rintisan (start up) perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni sehingga diharapkan mahasiswa yang hadir pada workshop ini dapat menyerap materi dengan baik.

Salah satu pemateri yang juga owner kaosta’ sekaligus ketua BPC HIPMI Parepare, Syamsul Rijal Madani, S.E. menyampaikan bahwa dimasa pandemi ini trend wirausaha milenial 4.0 kini banyak diminati.

“Di mana para pelaku bisnis harus lebih memaksimalkan peran dan fungsi internet dalam mengembangkan bisnisnya. Selain itu juga pebisnis perlu diperhatikan kesesuaian nilai produk dengan pasar sasaran,” terang Syamsul.

Selain menghadirkan Ketua HIPMI Parepare, kegiatan tersebut juga menghadirkan seorang motivator wirausaha, Bahrul Ulum, S.Pd., MM. Beliau menyampaikan materi tentang pengantar kewirausahaan dan pengembangan spirit kewirausahaan serta mengelola (action plan) dalam berwirausaha.

“Yang paling sederhana yang perlu kita lakukan adalah membuat simple plan (rencana aksi) dengan membuat ide bisnis yang akan dirintis,” ungkap Bahrul. (Aen/Tin)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *