Gerakan Jumat Sehat ala ASN IAIN Parepare

Humas IAIN Parepare—Sejak kehadiran Hj. Musyaraffah Amin sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, banyak terobosan yang telah dilakukan, baik pada pembenahan sturuktur organisasi, tata kelola administrasi, perencanaan dan pelaporan anggaran, dan pembinaan pegawai. Salah satu wujud pembinaan pegawai yang dilakukan dengan memprogramkan Gerakan Jumat Sehat.
Pagi tadi, Jumat, 22/3/2019 Aparat Sipil Negara (ASN) dalam lingkup IAIN Parepare berkumpul depan kantor Rektorat. Dipimpin oleh instruktur senam yang multi talenta, Nining Artianasari para ASN ini melakukan gerakan senam maumere. Nampak pada baris terdepan, berjejer Kasubag Akademik, Sunandar, staf Rektor, Humaerah, Kabiro AUAK, Hj. Musyarrafah Amin, dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Mujahidah.

Senam pagi ini berlangsung sangat santai dan rileks. Hal itu terlihat dari para peserta senam yang bergerak penuh semangat dan lincah meski seringkali ada gerakan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, bahkan ada yang berbenturan dalam barisannya sendiri. Namun pun demikian, senam pagi yang diiringi musik ini berhasil membuat para peserta senam berkucur keringat basah. Mereka kelihatan sehat dan menikmati senam pagi yang digelar satu kali dalam sepekan ini.

Kasubag Akademik, Sunandar yang ditemui usai melakukan senam mengatakan Gerakat Jumat Sehat yang diprakarsai ibu Kabiro ini sangat bermanfaat, khususnya untuk kesehatan. “Saya baru kali pertama ikut, tetapi sudah terasa segar dan menyehatkan. Saya berkeringat, semuanya basah,” ucapnya sambil memperlihatkan bajunya yang basah karena berkeringat. Sementara itu, Nuraeni, salah satu CPNS yang ikut senam mengaku senang dengan adanya Gerakan Jumat Sehat dengan bersenam. “Senam itu bagus, menyegarkan dan menyehatkan” tuturnya.


Dalam ilmu kesehatan, olahraga merupakan bagian terpenting dalam menjaga kesehatan manusia agar tetap bugar dan berstamina sepanjang hidup. Haitham Ahmed, MD.,MPH salah seorang ahli kesehatan, melalui media online kompas menuturkan, manfaat berolahraga secara rutin dan teratur dapat mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung, hipertensi, diabetea, kolestrol dan kanker. Selain itu, olahraga berefek positif pada peningkatan kemampuan kognitif, tidur lebih nyaman, mengurangi kecemasan, serta mengurangi risiko depresi dan demensia.
Kepala biro AUAK, Hj. Musyarraffah Amin memiliki 2 program Jumatan, yaitu Gerakan Jumat Sehat dan Gerakan Jumat Bersih yang lakukan secara berselang/bergantian. Melaui kegiatan ini, diharapkan terbangun kesadaran bagi seluruh civitas kampus agar menjadi pribadi yang sehat, sehat karena olahraganya dan sehat karena bersihnya. Kepedulian Kepala biro ini, bukan hanya ditunjukkan melalui gagasan dan program, tetapi beliau juga aktif dan turun bersama dengan para ASN melakukan program ini. Kedepannya, beliau berharapan kedua program ini bisa diikuti lebih banyak lagi peserta, bukan hanya pegawai Rektorat tetapi juga para pegawai dari fakultas beserta para dosen dalam lingkup IAIN Parepare. (s.s).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *