Ikuti Role of the Game, Penerima KIP Pasti Terampil dan Berprestasi

Ikuti Role of the Game, Penerima KIP Pasti Terampil dan Berprestasi

Humas IAIN Parepare– Panitia penyelenggara melaksanakan Seminar Pengembangan Life Skill bagi mahasiswa penerima KIP/Bidik Misi dengan tema “Kreativitas  Tak Terbatas Ruang dan Waktu”. Kegiatan ini diadakan di Auditorium IAIN Parepare, Selasa (11/01/2022).

Seminar ini dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si, Wakil Rektor I Dr. Sitti Jamilah Amin, M.Ag, Wakil Rektor III Dr. Muhammad Saleh, M.Ag, para dekan dan wakil dekan lingkup IAIN Parepare.

Wakil Rektor III Dr. Muhammad Saleh sebagai penanggung jawab kegiatan memaparkan bahwa KIP ini sebelumnya adalah bidik misi, namun setelah tahun 2020 berubah menjadi KIP. Pemerintah memberikan bantuan tunai kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi dan berprestasi dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Mantan Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi ini juga mengingatkan kepada mahasiswa penerima KIP agar berhati-hati terhadap oknum  yang berniat untuk menyalahgunakan KIP.

“Saya ingatkan kepada mahasiswa jangan  ada yang mudah tertipu, termasuk mengirimkan password dan pin rekening bank kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” saran warek III.

Rektor IAIN Parepare Dr Ahmad Sultra Rustan menjelaskan bahwa KIP ini adalah bantuan dari negara, bukan penghasilan, bertujuan meringankan biaya studi mahasiswa. Penerima KIP dibuatkan role of the game seperti berperilaku akademisi, mempertahankan dan meningkatkan IPK, disiplin dan menegakkan kode etik.

“Sebagai mahasiswa penerima KIP mahasiswa harus menunjukkan prestasi dan kebijakan ke depan kegiatan-kegiatan di kampus melibatkan mahasiswa penerima KIP,” jelas rektor.

Rektor juga menjelaskan bahwa tujuan dari seminar ini untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa. “Seminar ini menjadi bekal di kemudian hari. Mari kita ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai layar menatap masa depan,” ujar rektor sebelum membuka kegiatan.

Kegiatan seminar ini diisi oleh dua narasumber, yaitu Content Creator Rijal Djamal, S.S., M.Si., CPT  dan Ketua Tanfidziyah PC NU Sidrap Muhammad Yusuf, S.Sos.I. Kedua pemateri memotivasi mahasiswa agar memiliki semangat untuk berprestasi dan meningkatkan spiritual dalam mencari ilmu.

Selain seminar, juga diumumkan juara lomba yang sebelumnya dinilai oleh juri yang kompeten di bidang masing-masing. Juara lomba diantaranya, lomba Hymne dan Mars IAIN Parepare, yaitu tim KIP Asrama, Konten Youtube berjudul “Merajut Mimpi Menepis Rintangan”, Lagu Solo, yaitu Lisda Wulandari, Tilawah juga dimenangkan Lisda Wulandari, Ceramah diraih Andi Alfiah, Khutbah dimenangkan Hendrik dan Puisi terjemahan Al Qur’an, yaitu Rizal S.

Keseluruhan penerima KIP  sebanyak 573 orang yang terdiri dari, 100 orang pada tahun 2018, 102 orang tahun 2019, 190 orang tahun 2020 dan 181 orang di tahun 2021. (mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *