Kepala Unit TIPD IAIN Parepare: Antusias Dosen dalam Learning Management System Luar Biasa

Kepala Unit TIPD IAIN Parepare: Antusias Dosen dalam Learning Management System Luar Biasa

IAIN Parepare — Peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh terus diupayakan oleh pihak kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Hal ini dibuktikan dengan beberapa fakultas telah melaksanakan workshop pembelajaran virtual. Workshop ini bertujuan memaksimalkan para dosen menyampaikan materi perkuliahan jarak jauh di berbagai tingkat pendidikan, termasuk pada perguruan tinggi IAIN Parepare.

Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Parepare Sufyaldi mengungkapkan rasa syukurnya atas antusiasme para dosen.
“Syukur alhamdulillah melihat antusiasme bapak/ibu dosen dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran digital dalam proses pembelajaran jarak jauh, khususnya pemanfaatan Learning Management System (LSM) menggunakan edlink ,” ungkapnya saat diwawancarai via whatsApp (01/10/2020).

Sufyaldi menuturkan indikatornya dapat dilihat dari laporan data statistik kelas kuliah yang sudah sinkron dari sistem informasi kampus ke LMS Edlink pada hari pertama kuliah perdana sudah mencapai angka 1.024 kelas dan hari ini sudah mencapai angka 1.293.

Capaian ini memposisikan IAIN Parepare sebagai salah satu perguruan tinggi secara nasional yang tingkat keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran sangat tinggi di platform edlink – secara khusus, maupun di platform digital lain.

Keterlibatan secara massif dosen dalam satu platform Learning Management System (LSM) di luar ekspektasi, mengingat seringnya muncul kendala-kendala teknis maupun non teknis yang menghambat operasional Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) ini. Dengan pemanfaatan satu platform LMS seperti saat ini, akan sangat mamudahkan pimpinan dan manajemen dalam mengevaluasi dan menetapkan standar kualitas proses dan konten PJJ untuk perbaikan kualitas secara terus menerus di masa yang akan datang.

“Dukungan dari jajaran pimpinan sampai prodi serta tim admin di fakultas masing-masing sangat luar biasa dan sangat menentukan kesuksesan proses transformasi digital perkuliahan jarak jauh ini. Jika proses transformasi ini bisa berjalan optimal, maka proses transformasi digital IAIN Parepare secara kelembagaan bisa berjalan lancar, tidak hanya sekedar jargon. Mengingat proses pendidikan dan pengajaran ini adalah salah satu core IAIN Parepare, selain penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Kepala Unit TIPD IAIN Parepare, Sufyaldi.(haq/hyn/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *