Kerjasama FAKSHI IAIN Parepare dan Fakultas Syariah IAIN Kendari

Kerjasama FAKSHI IAIN Parepare dan Fakultas Syariah IAIN Kendari

Kamis 25/03/2021, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) IAIN Parepare menjalin kerjasama dengan Fakultas Syariah IAIN Kendari. Kerjasama dilakukan dengan agenda menandatangani Memorandum of Agreement (MoA). Penandatangan MoA adalah lanjutan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandangani antara pihak IAIN Parepare dengan IAIN Kendari sejak Tahun 2019 lalu.

Kerjasama yang dilakukan oleh dua fakultas dari perguruan tinggi agama Islam ini, dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat terutama yang berbasis akreditasi. Selain itu, kerjasama ini salah satu indikator penilaian dalam akreditasi untuk perguruan tinggi maupun program studi.

Dalam kunjungan ke Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare, rombongan Fakultas Syariah IAIN Kendari dipimpin oleh Dekan Fakultas Syariah Dr. Hj. Ipadang, M.Ag., serta Wakil Dekan III Muh. Asrianto Zainal, MH., dan Kassubag Irma Irayanti, S.Hi.,M.Pd.

Selain itu, kunjungan ini juga diikuti Pengelola Jurnal dan Kepala Laboratorium Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Kendari. Sedangkan dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan IAIN Parepare Dr. H. Muhammad Saleh, M.Ag., Dekan Fakshi Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc.,M.Ag. Wakil Dekan I Budiman M.HI., Wakil Dekan II Dr. Agus Muchsin, M.Ag., Kabag TU Hj. Nurmi, S.Pd.,MA., Kassubag AKA Muhammad Arsyad, MH., beserta para ketua prodi lingkup Fakshi.

Dalam sambutanya Dr. Muhammad Saleh, M.Ag., selaku Wakil Rektor III menyambut baik kerjasama kelembagaan antara IAIN Parepare dan IAIN Kendari.

“Saat ini yang perlu diperkuat adalah kerjasama, bukan hanya tingkat institusi, tingkat fakultas sangat penting, bahkan antara program studi sesuai bidangnya harus bersinergi dan berkolaborasi,” jelas Warek III.

Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Dr. Hj. Rusdaya Basri menanggapi positif kerjasama antara Fakshi IAIN Parepare dengan Fakultas Syariah IAIN Kendari. Ia menyampaikan bahwa pihak Fakshi sangat menyambut baik adanya kerjasama dengan Fakultas Syariah IAIN Kendari. Rusdaya menganggap bahwa ini adalah langkah awal saling bekerjasama dalam berbagai kegiatan yang berorientasi pada peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Respons baik juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Kendari Dr. Hj. Ipadang, M.Ag., melalui sambutannya. Ia menyampaikan bahwa kerja sama ini harus diwujudkan secepatnya dalam berbagai kegiatan-kegiatan konkret, apalagi persiapan implementasi program MBKM (merdeka belajar-kampus merdeka), modelnya harus dibahas secara teknis, paling tidak bisa dilaksanakan lokakarya se-Sulawesi. (da,rush/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *