Ketua Prodi HKI, Sumbang Karya Buku di Perpustakaan IAIN Parepare

Ketua Prodi HKI, Sumbang Karya Buku di Perpustakaan IAIN Parepare

IAIN Parepare— Salah satu aktivitas penting yang dilakukan oleh dosen adalah menulis. Tulisan yang dihasilkan dapat dipublikasikan dengan berbagai macam cara. Seperti yang dilakukan oleh Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare, Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M. Ag.

Rusdaya menulis sebuah buku yang berjudul Fiqh Munakahat 4 Mazhab dan Kebijakan Pemerintah. Ratusan buku telah tercetak dan 5 di antaranya diserahkan ke perpustakaan IAIN Parepare, pada Jum’at lalu (26/07).

Kepala Unit Pelaksana (UPT) Perpustakaan, Usman menerima langsung buku tersebut secara simbolis di gedung Perpustakaan IAIN Parepare.

“Bertambah lagi satu dosen IAIN Parepare yang menyerahkan bukunya ke perpustakaan sebagai bahan literasi bagi pemustaka terutama para mahasiswa yang ada di IAIN Parepare untuk dapat memiliki wawasan terkait dengan buku fiqih yang di serahkan oleh ketua program studi Hukum Keluarga Islam (HKI)  dalam hal ini Ibu Dr. Hj Rusdaya. Saya selaku kepala perpustakaan berterima kasih kepada ibu yang telah mewakafkan hasil karyanya di perpustakaan kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, Usman mengaku mengapresiasi melihat antusias para dosen lingkup IAIN Parepare  dalam hal menulis buku.

“Syukur Alhamdulillah antusias dari bapak dan ibu dosen yang ada dalam lingkungan IAIN Parepare sungguh sangat diapresiasi luar biasa terutama dalam hal berkarya menerbitkan buku yang juga memang merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Bapak Rektor IAIN Parepare pada tahun ini yakni paling tidak dosen Parepare bisa berkarya dengan melahirkan karya tulis ilmiah sebanyak 100 buku,” jelasnya Usman, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Parepare

Nantinya buku-buku yang diserahkan oleh para dosen ke perpustakaan akan diprioritaskan untuk dibedah melalui kegiatan-kegiatan formal.

“Untuk sekarang ini buku-buku yang telah diserahkan oleh para dosen telah dipajang di etalase ruang tengah lantai 1 perpustakaan IAIN Parepare untuk bisa dilihat oleh para pemustaka seperti yang ada di belakang saya ini bahwa Inilah hasil karya monumental dari para dosen-dosen terbaik kita yang ada di IAIN Parepare,” tambahnya.

Selain penyerahan buku dalam bentuk cetakan, Usman juga berharap agar para dosen yang telah menyerahkan buku dapat juga menyerahkan buku dalam bentuk digital untuk mendukung digital library kampus.

Buku yang ditulis Dr. Hj. Rusdaya ini dapat juga  dijadikan sebagai bacaan tuntunan untuk mahasiswa bagi yg sudah berkeinginan untuk membina rumah tangga. Selain itu, dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pembuatan makalah, tugas dan skripsi terkhusus bagi Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI).

“Semoga buku ini fikih munakahat yang intinya tuntunan untuk memilih pasangan hidup,  agar pernikahan berkah sakinah mawaddah wa rahmah dan seluk beluk pernikahan dalam Islam,  lebih banyak dibaca lagi oleh pengunjung perpustakaan,” harap Rusdaya saat diwawancarai via whatsapp, Sabtu (27/07).

Saat ini, IAIN Parepare juga telah mempunyai penerbitan yang bernama IAIN Parepare Nusantara Press. Para dosen akan dibantu dalam proses pengurusan ISBN sampai pada percetakan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program 100 buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *