Lomba Praktik Peradilan Semu FAKSHI Resmi Dibuka, Diawali Coaching Clinic

Lomba Praktik Peradilan Semu FAKSHI Resmi Dibuka, Diawali Coaching Clinic

Humas IAIN Parepare – Lomba Praktik Peradilan Semu (PPS) atau Moot Court Competition, ajang kompetisi simulasi atas proses peradilan  yang ideal oleh mahasiswa kembali digelar Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare. Kegiatan yang diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Dekan Fakshi Dr.Hj.Rusdaya Basri, Lc.,M.Ag., Minggu (26/09/2021) di Gedung Perpustakaan Lantai V yang digelar secara terbatas.

Kegiatan pembukaan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakshi didampingi Kabag TU Nurmi,S.Ag.,M.A., dan Ketua Panitia Wahidin,M.H.I dan jajarannya. Sementara itu, beberapa pimpinan  dan dosen tampak hadir secara daring, diantaranya Wakil Dekan I Budiman,M.HI., dan para ketua program studi lingkup Fakshi.

“PPS ini merupakan agenda wajib setiap tahun yang dilaksanakan oleh fakultas dengan tujuan meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang praktisi hukum tentunya,” ujar Hj. Risadaya.

“Fakshi telah melaksanakan sejumlah MoU dengan Institusi Hukum, seperti PA Parepare, Pinrang, Sidrap,dll serta  organisasi Forum Advokat dan Pengacara Indonesia (FAPRI). Dengan kerjasama itu, kita akan melibatkan praktisi hukum untuk pembimbingan dari kegiatan ini, dan itu akan mempermudah mahasiswa kita nantinya pada saat melakukan PPL,”ujarnya lagi.

“Harapannya semoga kegiatan ini nantinya dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan tata cara beracara sehingga dapat melahirkan praktisi hukum yang kompeten,” lanjutnya.

Rangkaian kegiatan tersebut akan berlangsung hingga dua pekan mendatang, Minggu (10/10/2021) dan perhelatan Lomba Peradilan Semu, Jumat-Minggu (8-10/10/2021). Sebelum pelaksanaan lomba, terlebih dahulu dilaksanakan pembekalan peserta yang dikemas dalam kegiatan Coaching Clinic  sesaat setelah kegiatan pembukaan yang digelar. Kegiatan dilaksanakan secara blended system diikuti oleh seluruh calon peserta utusan masing-masing program studi.

Kegiatan Coaching Clinic tersebut mengusung tema “Optimalisasi Penegakan Hukum dari Kampus” yang melibatkan Hakim Pengadilan Negeri Luwuk Andi Aswandi Tashar,S.H.,M.H., sebagai narasumber dan yang bertindak sebagai moderator Azlan Thamrin,S.H.,M.H., yang juga dosen Fakshi. (Dirg/Mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *