LPPM IAIN Parepare Seminarkan Proposal Penelitian Dosen Tahun 2021

LPPM IAIN Parepare Seminarkan Proposal Penelitian Dosen Tahun 2021

IAINParepare Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Parepare menggelar seminar proposal penelitian dosen tahun 2021 yang diikuti oleh 30 judul proposal peneltian dengan 6 kluster. Pada tahun anggaran 2021, IAIN Parepare sendiri mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian sesuai dengan petunjuk teknis yang telah diamanatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan mengikuti Protokol kesehatan yang ketat selama dua hari, Rabu-Kamis (7-8/07/2021) di Ruang Seminar Lantai 5 Perpustakaan IAIN Parepare. Seminar proposal ini diawali dengan pemberian sambuatan dan pembukaan secara resmi oleh Rektor IAIN Parepare yang juga dihadiri oleh reviewer eksternal, yaitu Prof. Dr. Muhammad Khalifah Mustami, M.Pd dan reviewer internal yaitu Dr. Buhaerah, M.Pd dan Dr. Firman, M.Pd.

Ketua LPPM IAIN Parepare Dr. Zainal Said, M.H menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi proposal penelitian dosen dilaksanakan melalui beberapa tahapan seleksi, yaitu proses pendaftaran proposal, seleksi administrasi, proses pemaparan atau seminar proposal dan pengumuman hasil. Adapun pengumuman hasil akan dilakukan oleh panitia pelaksana setelah merampungka nilai dari 3 reviewer dengan target poin minimal 401 poin. Setelah seminar proposal, para peneliti akan melakukan penandatanganan kontrak dan dilanjutkan dengan penelitian yang tetap akan dilakukan monitoring dalam rangka memantau kemajuan penelitian. Adapun seminar hasil ditargetkan akan dilaksanakn pada Bulan Oktober 2021.

“Tujuan peneltian ini sangat mulia, baik dari sisi ibadah maupun dari sisi penyebarluasan ilmu pengetahuan, sebagaimana Imam Syafi’I mengatakan al-ilmu ma nafa’a laysa al-ilmu ma hafadza (Ilmu itu bukan yang dihapal, tetapi yang memberi manfaat). Oleh karena itu, harapan kami semoga penelitian-peniltian di IAIN Parepare dapat menularkan pengetahuan-pengetahuan kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutur Kepala Pusat Penelitian, Dr. H. Muhiddin, Lc., M.Fil.I.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *