Mahasiswa Prodi PBI Juara II Storyline, Lebih Mengenal Jati Diri

Mahasiswa Prodi PBI Juara II Storyline, Lebih Mengenal Jati Diri

Humas IAIN Parepare – Ade Mandala Putra (IAIN Parepare), Muh. Hisyam Rasyidi (UNHAS), dan Juhar Ganna Tonda ( UNDIPA Makassar) yang bergabung dalam kelompok Areng Maruanna berhasil mendapatkan juara dua pada kegiatan Lomba Alur Kisah/ Storyline Museum Karaeng Pattingaloang yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel melalui UPT Museum dan Taman Budaya Karaeng Pattingaloang, Senin-Selasa (08-30/11/2021).

Kegiatan ini dimulai, Senin-Kamis (8-18/11/202). Babak penyisihan dan penjurian, Senin (29/11/2021) dan pengumuman top lima, dilanjutkan presentasi dan pengumuman juara, Selasa (30/11/2021).

Ade Mandala bersama tim membuat video yang menceritakan tentang alur kisah dari koleksi yang ada di pameran tetap museum Karaeng Pattingalloang yang terletak di kompleks Benteng Somba Opu.

Ade yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Parepare merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini karena dapat menambah wawasan pengetahuan nya, khususnya mengenai sejarah Sulawesi Selatan.

“Lomba Alur Kisah/ Storyline Museum Karaeng Pattingaloang ini, bagi kami sangatlah positif dan sangat baik untuk diikuti karena dari lomba ini kita bisa belajar tentang sejarah Sulawesi Selatan, khususnya sejarah mengenai kerajaan Gowa-Tallo yang dulunya merupakan kerajaan terbesar dan menjadi Bandar Niaga Internasional yg terkenal dengan perniagaan rempah-rempah yg menjadi awal mula terjadinya perang dengan bangsa VOC (Belanda),” ungkapnya.

“Lewat kegiatan ini juga saya bisa mengetahui bahwa Arung Palakka bukanlah penghianat, melainkan seorang bangsawan kerajaan Bone yg ingin membebaskan penderitaan rakyatnya dari kerajaan Gowa-Tallo yang telah diperbudak setelah kekalahan kerajaan Bone atas Gowa-Tallo,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa lewat lomba ini, ia bisa mengetahui identitas dirinya sebagai masyarakat Sulawesi Selatan. ” Saya mulai memahami identitas dan jati diri saya sebagai masyarakat Sulawesi Selatan,” tutupnya. (Ars/Mif)

Lihat video https://drive.google.com/file/d/19HShDwnxCC2TuG04_cbjGMFhMD0TcXwg/view?usp=sharing

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *