Membuka Pelatihan Kader Porma, Warek Bidang Kemahasiswaan; Dalam Fisik yang  Sehat, Ada Jiwa yang Kuat

Membuka Pelatihan Kader Porma, Warek Bidang Kemahasiswaan; Dalam Fisik yang Sehat, Ada Jiwa yang Kuat

Humas IAIN Parepare— Jumat, 26 April pukul 16.00 wita, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, H. Muhammad Saleh berkesempatan menghadiri sekaligus membuka acara pelatihan kader salah satu organisasi mahasiswa IAIN Parepare, yaitu organisasi Persatuan Olahraga Mahasiswa disingkat PORMA. Acara pembukaan ini, juga dihadiri Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa, St. Maemunah bersama dengan pengurus Senat Mahasiswa lainnya.


Persatuan Olahraga Mahasiswa (Porma) merupakan organisasi mahasiswa yang menghimpun mahasiswa IAIN Parepare yang memiliki talenta, bakat dan minat di bidang olahraga. Dalam organisasi ini, mahasiswa memperoleh kesempatan dan fasilitas dari kampus untuk mengembangkan olahraga yang diminati secara profesional. Keberadaan organisasi ini, menunjukkan bahwa IAIN Parepare bukan hanya concren pada pengembangan akademik, tetapi juga aspek lainnya, seperti pengembangan skill atau pun olahraga.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Muhammad Saleh memberikan pujian kepada pengurus PORMA yang berinisiasi melaksanakan kegiatan pelatihan bagi kader-kader Porma. Sejatinya, Porma lebih berorientasi pada kegiatan keolahragaan. Tetapi adanya kesadaran diri para pengurus sebagai mahasiswa, maka mereka tetap memprogramkan kegiatan yang berbasis akademik, seperti pelatihan kader. Pelatihan itu berorientasi pada pengembangan intelektual. Tetapi pelatihan ini tetap penting bagi kader Porma karena akan meningkatkan kemampuan intelektualitasnya.

“Berolahraga harus tetap memadukan emosi dan rasio. Ketiganya harus seimbang dan sinergis dalam diri manusia. Jika seorang olahragawan tidak mampu mengendalikan emosional atau tidak menggunakan rasionya maka yang bersangkutan akan gagal. Jadi olahragawan yang ingin berprestasi harus mampu mengendalikan emosinya” papar Muhammad Saleh. “Dalam fisik yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk mencapai itu, dibutuhkan olahraga juga manajemen emosi dan rasio yang seimbang” tambahnya menjelaskan.

Mantan Ketua Jurusan Dakom ini berharap agar kader-kader Porma mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sampai tuntas. “Pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi peserta, khususnya dalam meningkatkan pengetahuan, berorganisasi, dan kemampuan manajemen”, katanya memberikan motivasi kepada peserta. Pada akhir sambutannya, Muhammad Saleh membuka acara tersebut secara resmi.

Sementara Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Parepare, St. Maemunah yang juga memberikan sambutan sebelum Wakil Rektor menyatakan dukungan dan supportnya kepada pengurus Porma atas pelaksanaan kegiatan Pelatihan Kader tersebut. “Semoga pelatihan ini dapat menciptakan adaptasi dan kecintaan kader terhadap organisasinya” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua umum Porma, Amirullah mengatakan Pelatihan Kader ini diikuti oleh 42 peserta yang telah mendaftar dan akan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 26-28 April di Lowita Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. “Tujuan pelaksanaan Pelatihan Kader Porma adalah meningkatkan kemampuan intelektual kader dalam mengelola organisasi”, imbuhnya. (s.s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *