Menaati Protokol Kesehatan, Wisuda IAIN Parepare Berlangsung 4 Sesi

Menaati Protokol Kesehatan, Wisuda IAIN Parepare Berlangsung 4 Sesi

Humas IAIN Parepare — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan wisuda tahun 2020 yang akan digelar besok, Selasa, 11 Agustus 2020. Hal tersebut disampaikan Ahmad S. Rustan, Rektor IAIN Parepare ketika dikonfirmasi pada saat sedang bergegas meninggalkan kampus sore tadi, Senin, 10/8/2020.

Ahmad S. Rustan menegaskan bahwa pelaksanaan wisuda yang akan dilaksanakan besok sangat berbeda dengan wisuda tahun-tahun sebelumnya. “Wisuda tahun ini adalah wisuda masa pandemik Covid -19 dengan kebiasaan baru (new normal). Kita akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan terkendali,” paparnya.

Pelaksanaan wisuda IAIN Parepare tahun 2020 sejatinya dilaksanakan sesuai jadwal akademik, yaitu bulan April lalu. Tetapi mengalami penundaan berulang kali hingga Agustus ini karena adanya ancaman virus Corona yang sangat berbahaya. Dengan merujuk regulasi yang dikeluarkan pemerintah khususnya protokol kesehatan, akhirnya pimpinan mengambil langkah melaksanakan wisuda sebelum memasuki tahun akademik baru 2020-2021. Panitia mengaku sudah siap melaksanakan wisuda dengan protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah.

Nahrul Hayat selaku Sekretaris panitia menegaskan bahwa pelaksanaan teknis wisuda mengikuti seluruh protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. “Misalnya, adanya rasionalisasi jumlah peserta dengan daya tampung gedung. Karena jumlah wisudawan mencapai 917 orang maka panitia membagi pelaksanaan wisuda menjadi 4 sesi dalam 2 hari. Pada setiap sesi hanya ada 250 orang, sementara kapasitas gedung Auditorium yang digunakan mencapai 2.500 orang. Artinya hanya 10% dari daya tampung gedung yang dipergunakan. Batasan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan pemerintah melalui protokol kesehatan, yaitu 40%”, paparnya.

“Protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, tes suhu badan dan sterilisasi lokasi dilakukan sangat ketat oleh panitia. Para wisudawan harus mematuhi peraturan tersebut sebelum dan pada saat berada dalam gedung. Hanya wisudawan dan pimpinan yang diperbolehkan memasuki ruangan. Selain itu, termasuk orangtua atau keluarga wisudawan tidak diperkenankan mendekati gedung Auditorium. Tidak ada undangan yang mendampingi wisudawan di dalam gedung,” tegas Nahrul Hayat.

Susunan acara wisuda pun akan dipersingkat dari biasanya. Tidak ada acara tambahan kecuali laporan panitia dan sambutan Rektor. Ketua Senat, Prof. Dr. KH. Abdul Rahim Arsyad, M.Ag akan memimpin Sidang Terbuka Senat IAIN Parepare sekaligus melakukan pengukuhan wisudawan bersama dengan pimpinan dan anggota senat lainnya. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, yaitu Selasa-Rabu, 11-12 Agustus 2020 dengan 4 sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 08.00 – 12.00 wita dan sesi kedua pada pukul 13.00 wita – selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *